Busway Steril dari Kendaraan Umum

Kompas.com - 06/03/2008, 10:21 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Hari pertama perberlakuan larangan pemanfaatan jalur bus Transjakarta oleh kendaraan lain di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta Pusat berjalan cukup efektif. Dari beberapa ruas jalan protokol yang diamati Kompas.com,Kamis (6/3) pagi, tidak terlihat satu pun kendaraan di luar bus Transjakarta yang melaju di jalur bus Transjakarta tersebut.

Contohnya di salah satu ruas jalan protokol yakni Jalan Merdeka Barat, Jakarta, tidak terlihat kendaraan pribadi maupun umum memasuki jalur bus Transjakarta.Kehadiran beberapa petugas kepolisian maupun Dinas Perhubungan DKI Jakarta turut membantu kelancaran arus lalu lintas.

Dua polisi lalu lintas dan satu petugas dinas perhubungan terlihat bertugas di salah satu jalur putaran balik kendaraan, tepatnya di depan Gedung Departemen Perhubungan untuk mengatur kelancaran bus Transjakarta dari kendaran-kendaraan lain yang menggunakan jalur tersebut. Adanya jalur putar balik kendaraan yang memanfaatkan sebagian koridor busway memungkinkan tersendatnya arus kendaraan, terutama saat bus Transjakarta melewati jalur tersebut dan pada waktu yang sama beberapa kendaraan ini memanfaatkan jalur tersebut untuk putar balik.

Kelancaran kendaraan dan juga ketertiban penggunaan juga terlihat di sepanjang Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, tepatnya di depan Gedung Balai Kota. Tidak terlihat satu pun kendaraan umum maupun pribadi yang menggunakan jalur bus transjakarta. Begitu pula di ruas jalan Majapahit dan Gajah Mada, Jakarta Pusat

Tanpa Separator Rawan Pelanggaran

Pemanfaatan jalur bus Transjakarta oleh kendaraan pribadi atau umum (di luar bus Transjakarta) masih terlihat di jalur busway tanpa separator (pembatas jalur busway). Seperti terlihat di sekitar Bundaran Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Beberapa kendaraan bermotor masih memanfaatkan jalus bus Transjakarta, terutama di sekitar perempatan lampu merah di sekitar Bundaran Patung Kuda.

Hal yang sama masih terlihat di sekitar perempatan Harmoni, Jakarta Pusat. Beberapa kendaraan bermotor terlihat melaju di jalur bus Transjakarta. Saat mulai memasuki jalur bus Transjakarta yang menggunakan separator, para pengendara memilih keluar dari jalur tersebut.(SMS)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.