Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Gusar, Warag Rileks

Kompas.com - 11/07/2008, 19:16 WIB

 

JAKARTA, JUMAT-  Bila para pedagang gusar menanggapi hari pertama pemadaman listrik untuk daerah Jakarta dan Tangerang, warga justru sebaliknya. Warga Di kawasan Villa Bintaro Indah malah tidak terlalu merisaukan adanya pemadaman listrik hari ini (11/7).  

 

Menurut Ipah (52), persiapan-persiapan sudah dilakukan sebelumnya dalam menghadapi padamnya listrik hari ini. "Kita sudah melakukan persiapan sebelumnya, setelah mendapat informasi bahwa hari ini daerah perumahan Villa Bintaro Indah akan terjadi pemadaman listrik," buka Ipah, Warga perumahan Villa Bintaro Indah.  

 

Berbeda dengan pemadaman listrik yang terjadi sebelumnya, kali ini Ipah lebih siap karena sudah mengetahui informasi tentang pemadaman jauh hari sebelumnya. "Kalau sekarang masih mendingan, habi s informasi pemadaman sudah diketahui, sebab pengalaman sebelumnya pemadaman suka dilakukan secara mendadak", kata Ipah.  

 

Seperti pengamatan Kompas.com, Ipah sudah banyak mengisi persediaan air buat keperluan sehari-hari dalam bak maupun ember yang berjajar di dekat kamar mandi. "Soalnya kita masih memakai pompa air yang pakai listrik, mau mandi dan cuci bakal terganggu", sambung Ipah.  

 

Khusus buat cuci pakaian, Ipah malah mengerjakannya sebelum jam pemadaman listrik dimulai. "Soalnya menurut info yang saya dapat pemadaman akan dilakukan mulai jam 8 pagi, jadi sebelumnya saya usahakan mencuci sebelum jam 8", papar Ipah. Jadi saat pemadaman terjadi timbunan air digunakan untuk mandi dan keperluan lainnya.  

 

Selebihnya dalam menghadapi pemadaman listrik y ang berlangsung dua jam tersebut (08.00-10.00 WIB) Ipah lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah, semisal ngobrol bersama tetangga sebelah rumah. "Kalau di luar rumah lebih nyaman, sebab di dalam rumah kipas angin tidak bisa digunakan. Selain itu, mau nonton tv juga tidak bisa, ya lebih baik ngobrol setelah pekerjaan sebagai ibu rumah tangga selesai dikerjakan", ujar Ipah.  

 

Ipah berharap, dikemudian hari pemadaman listrik selayaknya diinformasikan jauh hari sebelumnya, supaya persiapan dapat dilakukan dan meringankan beban warga pada saat listrik dipadamkan. (C11-08)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com