Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Indonesia Memperkenalkan Armada Airbus A320

Kompas.com - 24/09/2008, 17:01 WIB

JAKARTA, RABU - Perusahaan penerbangan AirAsia melakukan perombakan armada miliknya, termasuk AirAsia Indonesia. Pesawat Boeing 737 yang saat ini digunakan digantikan perannya oleh pesawat Airbus A320.

Acara peresmian pesawat Airbus A320 dilaksanakan di Terminal Haji, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Rabu (24/9). Hadir dalam acara tersebut jajaran petinggi Departemen Perhubungan Udara dan pihak Angkasa Pura II.

Menurut Chief Executive Office AirAsia Indonesia, Dharmadi, pesawat Airbus A320 ini merupakan yang pertama kali dioperasikan Air Asia di Indonesia. Pesawat tersebut diklaim memiliki kapasitas bagasi 10 persen lebih besar, lebih hemat bahan bakar 15 persen, jalur dalam kabin lebih lebar 40 persen, dan kapasitas kursi lebih banyak. 

"Kedatangan A320 mengawali era baru bagi AirAsia Indonesia. Kecanggihan pesawat ini akan sangat membantu meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan kami," terangnya.

Airbus A320 mengoptimalkan potongan kabin yang melintang, sehingga menjadikannya sebagai pesawat berkoridor tunggal (single-aisle fuselage) dengan kabin berukuran luas. Selain itu, pesawat A320 mempunyai kemampuan mengangkut 180 penumpang dalam sekali lepas landas.

Sebagai permulaan, pesawat yang menggunakan mesin CFM-56-5B dari CFM Internasional tersebut, akan dioperasikan oleh AirAsia Indonesia untuk melayani rute penerbangan domestik diantaranya, Jakarta-Batam, Jakarta-Padang, Jakarta-Balikpapan, Jakarta-Denpasar.

"Rencananya akan kita gunakan untuk penerbangan internasional juga, yang melayani rute Indonesia-Sidney dan kota besar lain di Asia," ujar Dharmadi. (C11-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com