Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempercantik Ruang Menjadi Lebih Mudah

Kompas.com - 28/11/2008, 13:01 WIB

MEMBUAT ruangan tampil lebih hidup dan atraktif bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menghias dinding ruangan dengan warna-warni dari cat tembok, merupakan salah satu cara yang lazim digunakan. Cara lainnya yang juga cukup populer adalah dengan memasang wallcover.

Wallcover banyak dipergunakan orang karena memiliki banyak pilihan warna, corak, dan motif. Dengan demikian, orang memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkarya menghias ruangan sesuai tema dan selera.

Contohnya untuk kamar anak. Untuk membangun sebuah suasana yang sesuai karakter anak, dinding dapat dilapis dengan wallcover berwarna dan bermotif sesuai keinginan. Misalnya menggunakan motif huruf dan angka.

Selain untuk mencipta karakter ruang yang mungkin sulit dilakukan dengan menggunakan cat dinding, wallcover juga dapat berfungsi untuk menyembunyikan bagian dinding yang tak sempurna. Misalnya, untuk menutup retakan-retakan halus pada tembok, yang sulit ditutupi dengan cat.

Meski demikian, tak semua bagian dinding yang tak sempurna itu dapat dan boleh ditutup dengan wallcover. Wallcover sangat pantang dipasang pada dinding yang lembap. Selain wallcover cepat rusak, hasilnya juga tak sehat. Jamur dapat tumbuh pada wallcover sehingga membuat ruang menjadi tidak sehat.

Gunakan tukang

Memasang wallcover sebetulnya mudah. Prosesnya sangat jauh berbeda dengan mengecat dinding. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan jasa tukang yang ahli dalam hal itu. Toko-toko yang menjual wallcover, biasanya juga menyediakan jasa tukang untuk memasangnya.

Seperti halnya memasang, untuk menciptakan efek pada ruang, bisa juga digunakan jasa desainer interior untuk memilih motif dan warna yang sesuai.  Biasanya untuk hal seperti ini, beberapa toko juga menyediakan jasa desainer interior khusus. Tujuannya agar ketika proses pemasangan telah selesai, efek yang diharapkan dapat tercapai.

Misalnya, wallcover dengan motif garis-garis horizontal dapat membuat tampilan ruangan sempit terlihat lega. Ruangan polos dapat menjadi atraktif dengan aplikasi wallcover bermotif atau berwarna mencolok, pada satu bidang dinding. Cepat dan praktis, bukan?

 

Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com