Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Palembang, Kendaraan Berebut Antre BBM

Kompas.com - 01/12/2008, 13:36 WIB

Laporan wartawan Kompas Bonivasius Dwi P

PALEMBANG, SENIN - Ratusan kendaraan bermotor milik warga Kota Palembang antre berjejer di berbagai stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU, Senin (1/12), bertepatan dengan hari pertama penurunan harga premium dari Rp 6.000 menjadi Rp 5.500 per liter.

Selain faktor panic buying atau aksi borong yang dilakukan warga, panjangnya antrean BBM jenis premium ini juga disebabkan oleh kekosongan pasokan BBM di sejumlah SPBU.

Pantauan Kompas, salah satu antrean panjang kendaraan bermotor terjadi di SPBU Jalan Demang Lebar Daun, SPBU Jalan Veteran, dan SPBU Jalan Angkatan 45 Kota Palembang. Panjangnya antrean kendaraan bermotor ini sempat memacetkan arus lalu lintas di sekitar SPBU.

Irza Pahri (34) warga Kelurahan Pakjo mengaku tahu bahwa hari ini merupakan hari pertama penurunan harga BBM. Sama halnya dengan warga lainnya, alasan Irza mengantre BBM adalah untuk mengisi penuh tangki kendaraan bermotornya.

Selain kendaraan bermotor, sejumlah warga juga tampak membeli BBM dengan jeriken berukuran sedang, atau sekitar 12 liter.

Staf External Pertamina UPMS II Kota Palembang Roberth MVD mengakui ada penipisan stok BBM di wilayah perkotaan. Ini terjadi karena sebagian besar truk pengangkut BBM milik Pertamina dikerahkan untuk menyuplai di luar Kota Palembang.

Siang ini, truk-truk BBM kami akan segera diterjunkan untuk membantu suplai di dalam kota. Namun, kami memastikan bahwa stok BBM untuk Kota Palembang aman terkendali, kata Roberth.

Sampai siang ini, antrean masih terjadi di SPBU Jalan Demang Lebar Daun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com