Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soetta Siap Hadapi Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/12/2008, 10:53 WIB

JAKARTA, SELASA — Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, situasi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta masih tampak sepi. Belum ada peningkatan kesibukan yang signifikan. Antrean, baik di terminal keberangkatan, maupun kedatangan, juga tetap normal, seperti hari-hari biasa.

Kepala Bidang Operasi Bandara Soekarno-Hatta Jaya Tahoma Sirait mengatakan kepada Kompas.com, Selasa (9/12), puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 hari Natal, dan puncak arus balik terjadi pada H+2 seusai liburan Tahun Baru 2009 mendatang.

Tahoma menambahkan, pihaknya kini tengah bersiap-siap menghadapi membludaknya penumpang. "Untuk keamanan, kami akan berkoordinasi dengan aparat keamanan dan Polres Bandara Soekarno-Hatta, juga pihak Bea dan Cukai. Kami juga meningkatkan kualitas fasilitas yang biasa digunakan oleh calon penumpang, seperti toilet, troli, dan X-ray," ujar Tahoma.

Saat ini, Tahoma belum dapat memperkirakan jumlah penumpang yang akan bermudik dengan menggunakan pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta pada tahun ini. Sementara itu, rute primadona calon pemudik tetap sama seperti liburan Idul Fitri. "Jalur tujuan utama calon penumpang tetap Surabaya, Denpasar, Medan, serta daerah-daerah di kawasan Indonesia Timur, seperti Makassar dan Manado," ujar Tahoma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com