Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata Dipadati Pengunjung

Kompas.com - 25/12/2008, 19:29 WIB

JAKARTA, KAMIS - Libur panjang akhir tahun dimanfaatkan warga Jakarta untuk berkreasi ke tempat-tempat wisata. Jumlah pengunjung di Ragunan, Taman Mini Indonesia atau TMII, dan Taman Impian Jaya Ancol pun melonjak.

Di Ragunan, lonjakan pengunjung sudah mulai terasa sejak Senin (22/12). Bila rata-rata pengunjung harian 5.000-7.000 orang, memasuki liburan melonjak menjadi 10.000 orang per hari. Diperkirakan puncaknya akan terjadi pada tanggal 31 Desember. Untuk meramaikan suasana panitia menghadirkan tema atraksi satwa selama liburan.

"Tahun lalu, puncak tahun baru jumlah pengunjung 87.000 orang. Tahun ini kemungkinan akan lebih banyak karena liburannya berurutan. Agar pelayanan tidak terganggu kami menambah personel khusus untuk ticketing . Harga tiket masih tetap sama Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak," kata Wahyudi Bambang, bidang promosi Ragunan.

Ani (40), yang datang bersama keluarganya mengaku senang bisa berliburan ke Ragunan. Menurutnya, berliburan ke Ragunan termasuk murah meriah. "Tiketnya masih murah dibandingkan tempat wisata lain. Untuk menghemat, saya juga membawa nasi sendiri dari rumah," katanya.

Kenaikan angka kunjungan juga terlihat di TMII. Sejak Minggu (22/12) pada dua jam pertama dibuka, yakni sejak pukul 05.00-07.00 jumlah pengunjung sudah mencapai 8.000 orang. Kunjungan pada hari biasa berkisar 7.000-8.000 per hari.

Untuk menarik pengunjung, TMII menggelar sejumlah acara menyambut Natal , antara lain Panggung Kancil Semarak Natal bersama Santa Clause dan Piet Hitam serta gelar lagu-lagu Natal pada tanggal 25 Desember.  Digelar pula acara menyambut Tahun Baru, antara lain Pergelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk oleh Dalang Ki Djoko Edan dan pentas terompet malam Tahun Baru.  

Selama dua pekan liburan akhir tahun ini, kami menargetkan jumlah kunjungan 400.000 orang, kata Humas PT TMII Jerry Lahama didampingi Supervisor Promosi TMII Gunawan.

Tahun 2007, angka kunjungan ke TMII mencapai 5,6 juta orang. Tahun 2008, tingkat kunjungan ditargetkan meningkat 2-5 persen

Karamaian juga nampak di Taman Impian Jaya Ancol. Ada tiga acara khusus yang disiapkan pengelola yakni International Slam Dunk vs Motor Action, outbound, dan pesta pergantian akhir tahun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com