Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Usai, Sampah Menumpuk di TMII

Kompas.com - 01/01/2009, 02:47 WIB

JAKARTA, KAMIS - Pesta perayaan pergantian tahun di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), khususnya di Plasa Arsipel telah usai.  Namun masalah justru muncul karena sampah yang berserakan di mana-mana.

Menurut pengamatan Kompas.com, Kamis (1/1) dini hari WIB,  sampah tidak hanya berserakan di jalan-jalan. Tetapi bahkan sampai menumpuk di beberapa sudut di Danau Arsipel.

Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, menjadikan kemeriahan ini selalu berakhir dengan sebuah catatan buruk. Selain itu, kurangnya tempat sampah di beberapa titik strategis yang menjadi pusat keramaian, menjadikan sampah berserakan dan menumpuk di banyak tempat.

Hingga laporan ini diturunkan, belum ada petugas kebersihan yang melakukan pembersihan. Padahal di pagi harinya, salah satu obyek wisata kebanggan warga Jakarta ini akan buka seperti biasa.  Yang terlihat sejauh ini justru hanya para pemulung yang mengais rezeki dengan mengumpulkan botol dan gelas kemasan plastik.

Sementara itu, para pengunjung sudah berangsur meninggalkan kawasan Taman Mini. Hanya di beberapa lokasi seperti di Anjungan Jawa Timur dan Panggung Tugu Api masih dipadati pengunjung karena di sana masih berlangsung pegelaran wayang kulit hingga menjelang waktu subuh.

Selain itu, tidak sedikit pengunjung yang tidur di area Taman Mini.  Mereka dapat dapat ditemui di beberapa anjungan dan di lahan rumput pinggir-pinggir jalan.  Mereka menggelar tikar atau alas seadanya. Mungkin hal ini dilakukan karena pengunjung kelelahan, sehingga memilih beristitahat untuk pulang pada pagi harinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com