Luapan Situ Gintung Empaskan 300 Rumah

Kompas.com - 27/03/2009, 14:42 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Air bah akibat jebolnya tanggul Situ Gintung mengakibatkan 300 rumah rusak dan hanyut. Total areal yang terendam air mencapai 10 hektar.  

Seperti diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Tangerang Selatan Hasdanil, jebolnya tanggul di Situ Gintung mengakibatkan kerusakan  yang hebat. 

Kondisi terparah dialami RT 02, RT 03, RT 04 yang berada di RW 08 Kampung Poncol, Situ Gintung, Cireundeu, Ciputat, Tangerang. Nilai kerugian akibat bencana belum dapat dihitung. "Untuk total kerugiannya belum dapat dipastikan," ungkap Hasdanil di Posko Bencana Alam Situ Gintung Universitas Muhamadiyah, Ciputat, Jumat (27/3).
 
Sementara itu, jumlah korban tewas akibat bencana ini terus bertambah. Data dari relawan mencatat total korban tewas 45 orang. Korban tewas yang ditempatkan di posko Universitas Muhmadiyah 27 orang. Di posko STIEAD Ahmad Dahlan terdapat 11 korban tewas dan di RS Fatmawati terdapat 7 korban tewas. 

Korban diperkirakan akan terus bertambah karena proses evakuasi masih terus berlangsung. Korban selamat di posko Universitas Muhamadiyah sebanyak 30 orang. Rata-rata mereka mengalami luka lecet. Untuk korban hilang, relawan mencatat 28 orang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai korban dapat menghubungi Pusat Informasi Bencana Alam Situ Gintung 021-740385.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X