Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wirausaha, Mulailah Sejak Anda Kuliah!

Kompas.com - 09/04/2009, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tantangannya memang berat. Tidak sedikit wirausahawan sempat mengalami jatuh bangun yang parah. Bukan sekali, bahkan berkali-kali.

Kapok? Bukan wirausahawan, namanya. Jatuh bangun, jatuh lagi, sampai akhirnya benar-benar merasakan kursi kesuksesan, itu baru wirausahawan sejati. Berikut ini kiatnya, khusus untuk Anda:  

Berorganisasi
Menjadi bagian sebuah organisasi dan rajin mengikuti kegiatannya semasa kuliah bisa membantu Anda belajar membentuk sebuah sistem yang terpadu. Pelajaran sederhana berorganisasi adalah kemampuan memimpin (leadership skill). Kelak, seorang wirausahawan akan memimpin sebuah usaha dengan struktur laiknya sebuah organisasi  

Integritas
Disiplin, itulah maksudnya. Disiplin dalam segala hal menyangkut waktu, antara waktu bermain dan belajar misalnya. Kebiasaan ini akan membuat Anda sigap dan leluasa, sehingga tidak pernah sulit mengembangkan usaha ke arah manapun asalkan tepat langkah dan tujuannya.  

Jaringan
Networking atau jaringan luas bisa Anda mulai dengan menjaga hubungan baik dari sekarang. Anda dan dosen, serta Anda dan sesama teman kuliah, bahkan penjaga kantin sekalipun.

Secara tidak langsung, jaringan itu akan berkembang di masa depan. Kebiasan berteman dan membuka jaringan teman baru kelak membuat jaringan Anda semakin luas. Ingat, jaringan yang luas adalah syarat sukses Anda menjual usaha Anda sendiri.

Bisnis dan Akutansi
Ada baiknya mengenal pengetahuan dasar-dasar bisnis dan akuntansi. Selain berbekal ilmu di bangku kuliah, Anda pun perlu memahami kedua prinsip tersebut. Sebabnya, ke depan Anda harus siap membuat rencana keuangan yang jelas dan matang. Ini agar perputaran modal Anda tepat, bisa cepat kembali, dan segera marih untung.

Kreatifitas
Anda harus berdaya kreatifitas tinggi. Anda bukan pegawai atau karyawan yang digaji. Anda seorang bos! Anda-lah usaha itu! Untuk itulah, ide usaha Anda harus brilian, yang hanya bisa didapatkan melalui kreativitas tinggi. Alhasil, ide Anda akan selalu segar untuk menjadi the first, different, the best, atau gabungan ketiganya sekaligus. Semua ada di tangan Anda.

Selamat belajar dan berwirausaha!   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com