Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padi dan Mulan Jameela Meriahkan Pembukaan Jakarta Fair 11 Juni

Kompas.com - 08/06/2009, 19:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Panitia Jakarta Fair Kemayoran (JFK) -dulunya Pekan Raya Jakarta (PRJ)- menambah unsur pengamanan dengan cara berlapis untuk menjaga keamanan selama berlangsungnya acara pada tanggal 11 Juni hingga 12 Juli.

Presiden Direktur PT Jakarta International Expo (JIE) Hartati Murdaya mengatakan, penjagaan akan dilakukan antara tiga hingga empat lapis. "Kamera pemantau akan dipasang untuk memantau kondisi di lapangan maupun didalam gedung sehingga jika ada gerakan mencurigakan dapat langsung dipantau," ujarnya di Kemayoran, Jakarta, Senin (8/6).

Selain itu, posko pengamanan dan pengendalian (Poskodal) akan dibangun disetiap lokasi strategis. Pengamanan juga akan ditambah dengan tim anjing pelacak yang dapat mencium keberadaan bom atau senjata tajam dan senjata api yang akan mengganggu kenyamanan dan keamanan terselenggaranya JFK tahun ini.

Hartati mengatakan, petugas keamanan akan turun ke lapangan dan melakukan sterilisasi hingga tiga kali sehari di total area JFK yakni seluas 100.000 meter persegi.

Pengamanan tambahan itu dilakukan karena pelaksanaan Jakarta Fair tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) pada 8 Juli.

Mengenai aksi pencopetan kepada pengunjung, Hartati mengatakan tiap tahun semakin berkurang jumlah mereka yang tertangkap di mana pada tahun 2004 jumlah pencopet yang tertangkap mencapai 800 orang sementara pada tahun 2005 jumlah pelaku pencopet yang tertangkap "hanya" delapan orang. 

"Saya bekerjasama dengan lembaga masyarakat agar tidak ada pencopet yang berkeliaran di areal JFK," ujarnya.

Ajang Jakarta Fair ke-42 itu akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis (11/6). Wakil Ketua  Penyelenggara JFK 2009 Slamet Supriadi mengatakan, pada malam pembukaan akan tampil grup band Padi dan penyanyi Mulan Jameela untuk menghibur pengunjung.

Yang berbeda tahun ini, menurut Slamet, adalah adanya program di mana seluruh tenant dapat berkeliling area Jakarta Fair untuk mempromosikan dagangannya. Selama total 32 hari pameran, puluhan band akan tampil menghibur pengunjung di antaranya Ungu, Hello, The Changcuters, Kerispatih, ST 12, Gigi, Iwan Fals, Ello, Andra and the Backbone, Alexa dan Naif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com