Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: 2.800 Umat Shalat di Lapas Cipinang

Kompas.com - 20/09/2009, 09:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 2.800 narapidana dan tahanan melakukan shalat Id di lapangan Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta, Minggu (20/9). Dengan hikmat mereka melaksanakan shalat berjemaah setelah sebulan penuh berpuasa.

Selain itu, wartawan dan petugas lapas berdampingan menjalankan shalat dengan narapidana dan tahanan. Tampak beberapa terpidana kasus korupsi, seperti mantan Menteri Kelautan Rochmin Dahuri, mantan anggota DPR Sarjan Taher, dan mantan Gubernur BI Syahril Sabirin. Selain itu, terlihat terpidana teroris, Rois. Mereka duduk di baris (saf) terdepan.

Shalat Id dipimpin oleh khatib Ustaz Drs Yunus Yulianzam. Dalam khotbahnya, ia mengatakan, hari ini setelah sebulan berpuasa, umat Muslim telah kembali fitrah seperti pertama kali dilahirkan. Umat Muslim berpuasa agar lebih bertawakal, bersabar, lebih mendekatkan diri, dan merasakan kehadiran Allah. "Hari ini tuntas sudah perjuangan kita selama sebulan penuh menjalani ibadah Ramadhan," ucapnya.

Seusai shalat Id, dengan diiringi shalawat mereka saling bersalaman dan berpelukan antarnarapidana. Tidak sedikit dari mereka yang tak kuasa menahan haru dan mengucurkan air mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com