Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, Berkah bagi Pengojek Sepeda Onthel

Kompas.com - 27/11/2009, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan panjang yang dimulai dengan libur hari raya Idul Adha ini mendatangkan rezeki tersendiri bagi para pengojek sepeda onthel di sekitar kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Jika pada hari-hari biasanya mereka hanya menjadi pengojek sepeda, maka pada hari libur seperti ini mereka menyewakan sepeda antiknya bagi para pengunjung di Kota Tua.

 

Abidin (33) misalnya, pria yang tinggal di kawasan pemukiman Mangga Besar ini sehari-hari menjadi pengojek sepeda di kawasan portal Kota Tua dan Setasiun Beos Kota. Pada hari libur semacam ini ia pun "cuti" dari pekerjaannya. Sebagai gantinya ia "beralih profesi" menjadi menyewakan sepeda di halaman Museum Fatahillah, Kota Tua.

 

"Lumayanlah, kita enggak usah kerja, tapi penghasilan agak lebih gede," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat ( 27/11 ) siang. Abidin menetapkan tarif sebesar Rp 20 ribu untuk menyewa sepeda onthelnya selama satu jam.

Dalam sehari, saat hari libur seperti ini ia bisa mengantongi hingga Rp 120 ribu. "Ya rata-rata segitulah. Kadang lebih kadang kurang," ungkapnya. Sementara pada hari biasa, ia cenderung mendapatkan kurang dari Rp 100 ribu rupiah setiap harinya.

 

Pria berkulit gelap ini juga tak perlu bekerja keras mengayuh sepeda dan mengantarkan penumpang saat "beralih profesi" seperti ini. Ia cukup berpromosi menawarkan sepeda onthelnya kepada para wisatawan. "Ayo mas, mbak, naik sepeda antik. Unik dan menarik," ujarnya bak salesman profesional.

 

Setelah mendapatkan penyewa, ia pun cukup duduk-duduk bersantai menunggu jam sewanya habis. Sesekali ia mengisap rokok dan menyeruput kopi hitam favoritnya menunggu sepedanya kembali. "Kadang bosen juga sih nungguinnya. Tapi kita ngakalinnya ya begini aja. Ngopi-ngopi, main catur, ngobrol," ujarnya santai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com