Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eh.. Obama Terima Hadiah Nobel Lho

Kompas.com - 10/12/2009, 03:08 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama tadi malam terbang ke Oslo untuk menerima penyerahan hadiah Nobel yang akan diberikan Kamis ini. Obama dinilai mampu memperkuat hubungan antarnegara melalui diplomasi internasional, meski hal itu dirasa masih sulit mencapai tujuan.

Selama hampir 11 bulan bekerja, Obama telah menciptakan banyak kebijakan guna memperbaiki citra Amerika dalam berurusan dengan negara lain. Dia telah mengulurkan tangan untuk dunia Muslim, mulai memperbaiki hubungan dengan Eropa, serta mengurangi ketegangan dengan Rusia. Namun untuk kawasan Afganistan, Timur Tengah, Iran, dan Korea Utara, hal itu masih sulit terjadi.

Di Afganistan, Obama yang mewarisi pendahulunya, Bush dalam sepekan terakhir malah membuat kebijakan menambah 30.000 pasukan untuk berangkat ke negara tersebut guna menumpas gerilyawan Taliban. Demikian pula di Timur Tengah. Semula, Obama memang menuntut Israel agar mengakhiri pembangunan pemukiman di wilayah yang mereka duduki.

Namun setelah bertemu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Obama bersikap mendua. Ia justru memperlunak sikap pada penyelesaian masalah di kedua negara itu, dengan mengatakan pembekuan permukiman Yahudi tidak seharusnya menjadi prasyarat untuk memulai kembali perundingan damai.

Sikap inilah yang kemudian membuat Presiden Palestina Mahmoud Abbas sangat kecewa dan berniat tidak akan maju lagi dalam pilpres tahun depan. Kekecewan serupa juga ditunjukkan negara-negara Arab yang menganggap Obama tidak perlu diperhitungkan lagi. Kini, satu-satunya uaya damai hanya bisa dilakukan Netanyahu dan Abbas lewat sidang PBB.

Sementara itu, hingga tadi malam, sejumlah helikopter mulai disiagakan untuk meningkatkan penanganan kedatangan orang nomor satu di AS itu. Mei-Britt Gundersen, warga setempat, kepada AFP mengatakan, suasana tadi malam sangat menakutkan. Suara dua helikopter menderu di atas langit kota, sementara sejumlah jalan menuju Hotel Grand telah diblokir. Ia sempat berpikir, apakah sedang ada seorang teroris sehingga perlu pengamanan seketat ini.

Untuk diketahui, guna menjaga keamanan Obama, pemerintah setempat mengeluarkan duit sekitar 16 juta dolar, lebih dari 10 kali uang hadiah yang diberikan kepada pemenang hadiah Nobel Perdamaian.

Barikade yang ditempatkan di sepanjang trotoar dan jalan-jalan utama di Oslo, dengan pengamanan antara 2.000 dan 2.500 polisi. Bukan itu saja, sejumlah pesawat antirudal disiapkan di bandara dan perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com