Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Patung Obama di Taman Menteng

Kompas.com - 10/12/2009, 13:47 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com — Segenap warga Jakarta boleh berbangga hati karena Presiden AS ke-44, Barrack Obama, pernah tumbuh dan berkembang melewati masa kecilnya di kota ini. Atas dasar itulah yayasan Friends of Obama mendirikan sebuah patung Obama kecil sebagai kenangan masa kecil Presiden Barrack Obama.

Patung ini diresmikan dalam sebuah acara sederhana di Taman Menteng, Jakarta Pusat, oleh Wali Kota Jakarta Pusat Sylviana Murni, Kamis (10/12/2009). Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Friends of Obama Ron Muellers.

Dalam sambutannya, Ron mengutarakan harapan agar dengan adanya patung Obama ini bisa menginspirasi anak-anak di Indonesia untuk berani bermimpi dan meraihnya seperti yang berhasil dicapai oleh Barrack Obama. "Bahwa Obama dulu sering sekali bermain di sekitar sini. Dan sekarang dia adalah pemimpin dunia," kata Ron.

Wali Kota Jakarta Pusat Sylviana Murni pun menyambut baik didirikannya patung Obama kecil ini. Ia mengatakan, warga Jakarta patut berbangga hati karena Barrack Obama pernah tumbuh dan belajar di sini. "Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak kita," katanya.

Patung Obama ini terbuat dari bahan perunggu dengat total ketinggian 2 meter. Dirancang oleh seniman Leo Angelo dan dipahat oleh pematung Edi Chaniago. Di dasar patung tertuliskan kata-kata kenangan dari Obama bagi anak-anak Indonesia. "The future belongs to those who believe in the power of their dreams".

Anak-anak dari SDN 01 Menteng, tempat di mana dulu Obama kecil pernah bersekolah, ikut memeriahkan acara peresmian patung tersebut. Mereka memberikan persembahan dan tari-tarian dan lagu-lagu daerah.

Dalam peresmian itu, hadir pula perwakilan dari Duta Besar Amerika Serikat dan sejumlah tokoh yang menjadi donatur dalam pembuatan patung itu, seperti Mien R Uno, Hasyim Joyo Hadikusumo, dan Surya Paloh. Hadir pula ratusan siswa dan guru SDN Menteng 01 serta sejumlah teman-teman semasa kecil Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com