Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Mau Tak Mau Harus Siap Hadapi ACFTA

Kompas.com - 15/01/2010, 21:28 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan, Indonesia harus siap menghadapi perdagangan bebas ASEAN-China atau ACFTA yang dimulai sejak 1 Januari 2010. "Harus siap, ya harus siap. Caranya, lebih efisien," kata JK di Padang, Jumat (15/1/2010).

JK berkunjung ke Padang untuk menyampaikan pidato kebudayaan di Taman Budaya Padang, memberikan kuliah kewirausahaan di Universitas Andalas, dan bersilaturrahim dengan jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbar.

Menurut mantan Wapres yang juga pengusaha itu, tidak sepenuhnya benar kalau industri nasional akan gulung tikar di era perdagangan bebas ASEAN-China. "Pasar dalam negeri juga punya kekuatan. Yang penting, efisiensi dalam berproduksi," kata dia.

Sebelumnya, banyak pihak memperkirakan perdagangan bebas ASEAN-China akan berdampak negatif bagi industri nasional. Pengamat ekonomi dari Universitas Andalas Padang, Prof Dr Elfindri, menilai bahwa China akan lebih dominan dibanding negara-negara di ASEAN. 

"Perdagangan bebas ASEAN-China akan berdampak pada inbalances (tidak seimbangnya) neraca perdagangan China dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, China lebih menguasai perdagangan karena produktivitas tenaga kerjanya yang tinggi dan mampu berproduksi secara massal. Pada saat bersamaan, China juga agresif mendorong ekspor ke luar negeri dalam bentuk skim-skim kebijakan dan mendorong industri bersaing secara produktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com