Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ayam Tebo Mati Terkena Flu

Kompas.com - 28/01/2010, 06:08 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Ratusan ayam milik warga Desa Teluk Kuali, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi, mati mendadak akibat terserang virus H5NI atau biasa disebut virus flu burung.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo, Muhsin mengatakan, kejadian ayam mati mendadak dilaporkan pada Selasa (26/1) lalu tanpa diketahui akibatnya.  Tim gabungan dinas peternakan dan perikanan Kabupaten Tebo langsung melakukan pengecekan.
 
"Hasilnya setelah dilakukan tes laboratorium, ayam yang mati tersebut positif terjangkit firus H5N1 atau flu burung," ujarnya, Kamis.
 
Dinas peternakan akan memeriksa hewan unggas milik warga yang masih hidup serta melakukan pemusnahan. "Sejauh ini belum ada keluhan adanya penyebaran virus kepada manusia. Lama kesiagaan akan kami terapkan hingga virus benar-benar tidak bereaksi lagi," tuturnya.

Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tebo, terdapat 105 ayam warga yang mati. Ada kemungkinan jumlahnya akan jauh lebih banyak, karena terdapat sejumlah ayam warga yang mati sejak dua minggu yang lalu, dan tidak terdeteksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com