Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siap Kerja Keras

Kompas.com - 30/01/2010, 11:34 WIB

Solo, Kompas - Joko Widodo akhirnya buka suara dan memastikan diri maju sebagai calon wali kota Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, berpasangan dengan calon wakil wali kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Ia menyatakan siap kerja keras untuk Kota Solo.

Pernyataan kesanggupan untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo April mendatang dideklarasikan Joko Widodo bersama Hadi Rudyatmo di hadapan 21 kelompok masyarakat yang menggagas acara "Wong Solo Ngunggah-unggahi" di kawasan Ngarsapuro, Solo, Jumat (29/1).

"Saya akan bekerja keras untuk kota tercinta. Saya tidak akan memberikan harapan muluk-muluk. Dengan mengucapkan bismillah, kalau masyarakat masih menghendaki, kami berdua siap menerima amanah itu," kata Joko Widodo.

Komitmen ini disampaikan pasangan incumbent yang akrab disapa Jokowi-Rudy ini dalam kalimat "siap menerima amanah itu."

Selama ini, meski dukungan terhadapnya terus mengalir, Jokowi belum menyatakan sikap untuk maju atau tidak pada pemilihan umum kepala daerah tersebut. Deklarasi kesiapan Jokowi dan Rudy untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2010 yang ditandai dengan penandatangan kontrak politik keduanya, disaksikan sejumlah tokoh di Solo seperti Waldjinah, Djujuk Djuariah, dan MT Arifin. Ketua DPC Partai Damai Sejahtera Kota Solo Swatinawati dan Sekretaris DPC Partai Gerindra Solo Nursakti juga terlihat hadir. Koalisi partai

Sementara itu, DPC Partai Demokrat (PD) Solo menyatakan siap bersaing dengan bakal calon yang diusung PDI-P. Menurut Sekretaris DPC PD Solo Supriyanto, sebanyak 24 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Partai Politik Surakarta (KPPS) telah resmi menyatakan bergabung dengan PD. Arah koalisi juga telah dibicarakan dengan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional. Partai lain yang sempat menjalin komunikasi adalah Partai Keadilan Sejahtera dan PDS. "Dengan Golkar pembicaraan 90 persen, dengan PAN 60 persen," katanya.

PD Solo mengusung Ketua DPC PD KP Edy Wirabhumi sebagai bakal calon wali kota. Untuk pendampingnya akan digelar uji patut dan kelayakan. PD juga mengedarkan formulir pendaftaran. Empat formulir sudah dikembalikan Slamet Haryono (mantan Kepala Monumen Pers Nasional), Supradi Kertamenawi (mantan Pelaksana Tugas Sekretariat Daerah Kota Solo), Icuk Sugiarto (mantan atlet nasional bulu tangkis). Deklarasi PD akan digelar 5 Februari mendatang. "Selain menyaring bakal calon, juga membicarakan lobi politik untuk koalisi besar," kata Supriyanto. (eki)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com