Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik... Ada Jalur Sepeda di Sepanjang BKT

Kompas.com - 05/02/2010, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar baik datang bagi para pengguna sepeda. Di sepanjang jalur Banjir Kanal Timur (BKT) akan dibangun jalan inspeksi yang dapat dimanfaatkan bagi pengguna sepeda untuk melintas. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Pitoyo Subandrio. "Jadi, jalan inspeksi yang dibangun di kiri dan kanan sepanjang BKT juga akan diperuntukkan bagi pengguna sepeda," kata Pitoyo kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2010) di Jakarta.

Jalur tersebut, kata Pitoyo, akan dapat digunakan bagi para pesepeda di sepanjang BKT mulai dari Kebon Nanas, Jakarta Timur, sampai tembus laut di Marunda, Jakarta Utara. Ia menegaskan, selain sepeda dan kendaraan pengelola BKT, tidak boleh ada kendaraan umum lainnya, baik motor maupun mobil yang diperkenankan masuk jalur tersebut.

"Jadinya, pengguna sepeda hanya akan berbagi dengan kendaraan dari pihak pengelola saja. Ini supaya polusi bagi pengguna sepeda tidak terlalu banyak," ujarnya.

Mengenai pengelolaan jalan inspeksi dan sepeda tersebut, kata Pitoyo, akan ditangani oleh badan khusus pengelolaan BKT yang akan segera dibentuk.

Pantauan Kompas.com, pembangunan jalur inspeksi di sepanjang BKT masih berlangsung. Di beberapa kawasan, jalur inspeksi dengan lebar jalan sekitar empat meter itu pun sudah terlihat mulai agak rampung. Namun, di jalur lainnya, seperti di kawasan Pondok Kopi hingga Kebon Nanas, pembangunan jalan masih belum terlihat dilakukan.

Menurut salah satu pekerja proyek jalur inspeksi yang ditemui di lokasi, pembangunan tahap I jalur tersebut ditargetkan akan rampung sekitar April 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com