Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Kiriman Masuk Jakarta

Kompas.com - 19/02/2010, 03:55 WIB

Jakarta, Kompas - Sejak Kamis (18/2) sekitar pukul 04.00, banjir kiriman dari kawasan Bogor kembali menyebabkan sejumlah permukiman di Jakarta tergenang.

Berdasarkan informasi dari Pemerintah Kota Jakarta Selatan, di wilayah ini yang tergenang, antara lain, permukiman di Kalibata, Bidara Cina, dan Bukit Duri.

”Air masuk sebelum subuh. Genangan rata-rata mencapai ketinggian 50-100 sentimeter. Karena hujan juga terus turun di Jakarta sepanjang Kamis, air di sini pun terus naik,” kata Diyoen, penjaga Pintu Air Manggarai, Kamis.

Hingga kemarin sore, ketinggian air di Manggarai mencapai 760 cm atau sekitar 10 cm di atas batas normal. Selain di tiga tempat di Jakarta Selatan itu, banjir kiriman juga menggenangi sebagian Rawajati, Pengadegan, Kebonbaru, Kampung Melayu, Jatipinggir, dan Petamburan.

Sejak Rabu malam, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengimbau warga di lokasi rawan banjir agar mengungsi.

Sementara itu, sebagian warga bantaran yang terus-menerus terkena banjir luapan Ciliwung di Bidara Cina dan Bukit Duri sudah mulai terserang flu. ”Biasa, Mbak, kena hujan, kena banjir, lama-lama bersin-bersin. Flu. Diare juga sudah banyak yang kena. Ini anak saya dari kemarin sudah demam,” kata Kristin (37), warga Bukit Duri.

Warga yang mulai sakit banyak berobat ke puskesmas terdekat atau pergi ke posko kesehatan yang telah disediakan Pemprov DKI. Posko Kesehatan ini antara lain tersedia di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Banjir lagi

Banjir juga kembali melanda sejumlah tempat di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Genangan air pertama terjadi pada pukul 06.00 dan mulai surut pada pukul 11.00. Genangan air kedua mulai terjadi pada pukul 15.00.

Di Jalan Petamburan II, genangan air mencapai tinggi sekitar 70 cm dan masuk sampai ke rumah warga. Kondisi serupa terjadi pula di Jalan Petamburan III.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com