Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kok Patung Obama Beda sama Aslinya?

Kompas.com - 15/03/2010, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Entah siapa yang benar mengenai hal ini. Seorang mantan teman sekelas sekaligus tetangga Presiden Amerika Serikat Barack Obama semasa di Indonesia, Sonni Gondhokusumo, mengatakan bahwa patung Barry yang kini diletakkan di depan sekolah SDN 01 Besuki, Menteng, berbeda dengan aslinya.

"Barry yang dulu gendut dan rambutnya keriting," ujar Sonni seusai menghadiri peluncuran novel Obama Anak Menteng, Senin (15/3/2010) di SDN 01 Besuki, Menteng, Jakarta. Sebagai gambaran, Obama di patung yang pernah menghuni Taman Menteng tersebut bertubuh kurus dan berkepala botak. Bertubuh kurus, sambungnya, bertentangan dengan kondisi mantan Senator Illinois itu waktu kecil.

Mantan teman satu meja Obama, Citra, sebagaimana diceritakan kembali oleh Sonni, mengatakan bahwa Obama kecil selalu bermandi peluh setelah berolahraga karena postur tubuhnya yang gemuk. Sonni sendiri memiliki kesan baik terhadap Obama. "Dia itu lucu. Bisa dibilang enggak suka marah. Sukanya lari-larian dan main sepak bola," ujar Sonni.

Dia juga teringat ketika Obama kecil ikut-ikutan shalat di bangsal sekolah negeri tersebut. Sarung Obama kerap merosot ketika hendak mengikuti shalat. Sonni pun berharap Obama dapat berkunjung ke SDN 01 Besuki dan menemui teman-teman lamanya. Dia mengatakan, teman-teman sekelas Obama hingga saat ini belum menyiapkan kejutan khusus. "Kami paling hanya memberi kenang-kenangan foto saja," ujar Sonni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com