Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astaga, Kabel Baja BKT di Marunda Digondol Maling!

Kompas.com - 22/03/2010, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 45 batang kabel baja atau strand di lokasi Banjir Kanal Timur di Marunda, Jakarta Utara, digondol pencuri. Akibatnya, jalan inspeksi di sisi kanal rawan longsor. Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Pitoyo Subandrio yang juga pimpinan proyek Banjir Kanal Timur (BKT) pada Senin (22/3/2010) malam mengatakan, pihaknya sudah melaporkan pencurian ini ke kepolisian setempat. "Ini dapat dikategorikan sebagai sabotase. Kalau pelakunya ditangkap, mereka harus dijerat dengan pasal-pasal sabotase," tandas Pitoyo.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen BKT, Parno, yang dihubungi terpisah menjelaskan bahwa pencurian ini diperkirakan terjadi pada tengah malam. "Kondisi di kanal Marunda memang masih gelap," kata Parno.

Jumlah kabel baja yang dicuri adalah 45 batang dari pintu air ke arah hulu. Panjang satu batang kabel baja itu empat meter sehingga total panjang kabel yang dicuri adalah 180 meter. Kabel berdiameter 22 mm itu menjadi pengaman tiang pancang di sepanjang kanal.   

"Tanpa kabel ini, dikhawatirkan akan terjadi longsor pada badan jalan di tepi kanal. Namun, pihak kontraktor bersedia menggantinya karena masih dalam masa pemeliharaan," tandas Parno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com