Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Pemadam Terus Lakukan Pendinginan

Kompas.com - 03/04/2010, 10:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Belasan petugas pemadam kebakaran hingga saat ini masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran di bangunan utama Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pendinginan dilakukan sejak api berhasil dijinakkan pada Jumat (2/4/2010) sore.

Berdasarkan hasil pemantauan  Kompas.com, Sabtu (3/4/2010 ) di Lantai III, petugas terus menyemprotkan air ke sela-sela runtuhan bangunan yang masih mengeluarkan asap. Sementara itu, dua mobil pemadam kebakaran berjaga di luar gedung. Ratusan warga masih berkerumun di sekitar lokasi menyaksikan dampak ganasnya si jago merah.

"Dari kemarin kami terus dinginkan. Kondisi gini butuh waktu lama sampai benar-benar padam. Soalnya lantai paling atas runtuh. Harus diangkat puing-puingnya terus disemptrot," ucap Komandan Peleton Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Wasito ketika ditemui di lokasi.

Kondisi seperti ini, apakah bangunan masih layak digunakan? "Kalau di luar negeri, ini jelas enggak bisa dipakai lagi. Harus dirobohkan. Telalu lama kebakar, konstruksi bangunan jadi rapuh, tapi enggak tau deh kalau di sini (Indonesia)," jawabnya.

Seperti diberitakan, kebakaran terjadi sejak pukul 06.30 dan baru berakhir pukul 16.00. Api melahap sekitar 500 kios di Lantai II, III, dan IV di bangunan yang baru selesai direnovasi akhir tahun 2009. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com