Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Ani Janji Ajari Cucu Makan Lele

Kompas.com - 19/06/2010, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ibu Negara Ny Ani Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, sebagai nenek ia akan mengajarkan cucunya yang baru semata wayang, Almira Tunggadewi Yudhoyono, sejak dini gemar makan ikan lele.

Hal itu disampaikan Ny Ani Yudhoyono saat membuka Festival Raya Lele Nusantara Ke-1 di Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2010) pagi. Dalam acara itu hadir, antara lain, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

"Saya punya cucu satu. Nanti sejak dini akan saya ajarkan gemar makan ikan lele. Nanti kalau usianya sudah mulai lima tahun," ungkap Ny Ani.

Menurut Ibu Negara, menggemari ikan lele, termasuk ikan apa pun, bukan hanya membuat bangsa ini gemar mengonsumsi ikan lele, melainkan juga menjadi bangsa yang sehat, bergizi, dan penuh protein. Ibu Negara juga sempat menyayangkan bangsa yang kaya-raya potensi alamnya, termasuk laut dan kepulauan, tetapi konsumsi ikannya masih sangat kecil.

"Padahal, negara-negara lain konsumsi makan ikannya sangat besar meskipun tidak sekaya Indonesia," lanjutnya.

Fadel Muhammad mengakui tingkat konsumsi makan ikan bangsa Indonesia baru sampai 30 kg per kepala pada tahun 2009 lalu. "Di Pulau Jawa justru lebih sedikit lagi, yaitu 16 kg per kepala. Padahal, orang Malaysia sampai 55,5 kg per kepala dan orang Jepang sampai 110 kg," katanya.

Oleh sebab itu, tambah Fadel, pihaknya ingin bangsa Indonesia meningkatkan konsumsi yang tinggi untuk makan ikan. Untuk itu, Festival Raya Ikan Lele Nusantara Ke-1 diadakan pada akhir pekan ini. Festival berlangsung dua hari, yaitu 19-20 Juni besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com