Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaat HKBP Akan Ibadah di Depan Istana

Kompas.com - 15/08/2010, 08:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jemaat dari beberapa gereja terutama Gereja HKBP berencana mengadakan kebaktian di depan Istana Merdeka Tugu Monas, Jakarta, Minggu (15/8/2010) siang ini. Ibadah ini dimaksudkan untuk meminta perhatian pemerintah atas maraknya penutupan gereja dan kekerasan atas nama agama.

Dalam pemberitahuan yang diterima dari Theophilus Bela, Ketua Umum Forum Komunikasi Kristiani Jakarta (FKKJ), para tokoh lintas agama dari berbagai agama akan turut menghadiri acara kebaktian tersebut. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh berbagai koor dan artis Ibu Kota.

Ibadah ini merupakan salah satu bentuk aksi protes terhadap pelarangan ibadah oleh kelompok-kelompok tertentu di beberapa lokasi. Salah satunya adalah peristiwa Minggu,  8 Agustus 2010, di mana sekelompok massa yang mengatasnamakan warga mencegah jemaat Gereja HKBP Pondok Timur beribadah di lahan kosong milik gereja tersebut di Desa Ciketing, Bekasi. Dalam peristiwa itu, polisi sampai harus turun tangan menjadi pagar betis antara jemaat dan kelompok itu.   Menyusul peristiwa tersebut, para tokoh lintas agama mengutuk keras tindakan pelarangan ibadah tersebut, bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga turun tangan dengan mengistruksikan Menko Polhukam untuk menangani kasus itu.

Adapun sebelum melakukan ibadah di depan Istana, jemaat HKBP Pondok Timur pimpinan Pdt Luspida Simanjuntak berencana mengadakan kebaktian di lahan kosong milik gereja di Desa Ciketing, Bekasi, pukul 9.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com