Anak-anak Boleh Masuk Gerbong Wanita

Kompas.com - 19/08/2010, 10:54 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Commnuter Jakarta (KCJ), Kamis (19/8/2010) pagi meluncurkan dua gerbong kereta rel listrik (KRL) khusus wanita. Namun tidak hanya kaum hawa yang boleh naik di gerbong kereta ini. Anak-anak di bawah 10 tahun pun boleh menumpang di dalamnya.

Dalam aturan yang dikeluarkan PT KAI Commuter Jakarta, yang diperbolehkan masuk dalam gerbong khusus ini hanyalah kaum perempuan. Boleh sendirian, boleh juga rombongan wanita. Anak-anak, entah laki-laki atau perempuan, juga diizinkan ikut asalkan didampingi wanita lain, boleh ibu, kakak, atau kerabat lain.

Selain mereka, siapa pun tidak diperbolehkan menginjakkan kaki ke dalam gerbong. Seorang petugas keamanan, juga wanita, akan mengarahkan penumpang non-wanita ke gerbong lain yang diperuntukkan bagi penumpang umum.

Bagaimana jika suami istri? Sama saja, sang bapak harus ke gerbong umum, si ibu boleh ke gerbong khusus wanita. Kalau mau bareng, dua-duanya bisa masuk gerbong umum. 

Adapun kereta khusus ini melayani rute Jakarta-Bogor dan sebaliknya. Acara peluncuran di Stasiun Depok, Jawa Barat, pagi ini dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar.

Untuk saat ini, PT KCJ baru menyediakan dua gerbong khusus penumpang wanita, yakni gerbong KRL Ekonomi AC dan KRL Ekspres. Dua gerbong KRL Seri 7000 tersebut dirangkai mengapit gerbong penumpang umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.