Kereta Wanita? Cewek Banget!

Kompas.com - 19/08/2010, 13:43 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak sulit mengenali gerbong kereta khusus wanita (KKW) jurusan Jakarta-Bogor yang diresmikan penggunannya hari Kamis (19/8/2010). Selain dijaga secara khusus, gerbong ini didesain sesuai selera kaum hawa.

Secara fisik, bentuk kedua gerbong KKW itu sama dengan gerbong umum yang dirangkai pada kedua gerbong tersebut. Gerbong KKW hanya ditempatkan di rangkaian gerbong paling depan dan belakang. Jika ada delapan gerbong, gerbong khusus wanita ada di gerbong pertama dan delapan. Gerbong kedua hingga ketujuh diperuntukkan bagi penumpang umum.

Menurut pengaatan Kompas.com, dari luar, gerbong KKW bisa dikenali lewat stiker berwarna merah muda pada sisi luar gerbong. Stiker itu memuat gambar ikon wanita berikut ikon larangan bagi penumpang nonwanita.

Di bagian dalam, interior gerbong sama persis dengan gerbong umum. Setiap gerbong dilengkapi penyejuk ruangan dan enam kipas angin di langit-langit. Kursi penumpang diletakkan berhadap-hadapan dan terdapat tali gantungan untuk penumpang berdiri di antara kursi tadi. Yang membedakan adalah dalam gerbong wanita terdapat flyer merah muda bergambar ilustrasi perempuan dan bunga-bunga.

Gerbong ini juga boleh dinaiki oleh anak-anak di bawah 10 tahun yang ditemani wanita. Tidak tersedia bilik khusus untuk ibu menyusui. Karena masih baru, kondisi di gerbong masih bersih.

Menteri Perhubungan Freedy Numberi, saat peresmian pagi tadi di Depok, berharap kondisi ini tetap dipelihara termasuk tidak ada corat-coret di gerbong kereta. Jika diperlukan, gerbong khusus perempuan ini akan ditambah di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.