Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Kalideres Paling "Full"

Kompas.com - 08/09/2010, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat terjadi hari ini (8/9/2010). Sampai siang tadi Terminal Kalideres telah memberangkatkan 5702 pemudik dan 268 bus. "Kebanyakan yang berangkat dari sini tujuannya ke Sumatera," ujar Hengki Sitorus, Kepala Terminal Kalideres.

Menurutnya, jumlah tersebut akan terus bertambah hingga malam nanti. "Yang shift sore ini (13.00-19.00) bisa sampai 4 ribu penumpang, malam nanti jam 1 (dini hari-red) , bisa 3 ribuan," jelas Hengki.

Diperkirakan pada H-2 ini jumlah yang telah berangkat dan akan berangkat dapat mencapai 12 ribu orang. Untuk mengangkut penumpang yang membeludak tersebut, pihak pengelola Terminal Kalideres telah memberikan izin untuk mendatangkan bis-bis bantuan. "Bis reguler sudah tidak cukup jadi kita beri izin bis bantuan untuk masuk. Begitu masuk mereka harus menjalani uji kelayakan jalan dahulu," jelas Hengki.

Puncak arus mudik meleset dari prediksi awal. Prediksi awal puncak arus mudik di Terminal Kalideres terjadi di H-3 kemarin namun ternyata tahun ini terjadi di H-2. " Enam tahun ke belakang selalu H-3 puncaknya, tapi tahun ini bergeser ke H-2, mungkin karena masyarakat baru libur besok," ujar Hengki.

Hujan yang turun sore ini tidak menyurutkan niat para pemudik. Pantauan Kompas.com walaupun hujan banyak masyarakat yang rela berbasah-basahan untuk menunggu bis. "Ya kalau gak sekarang kapan lagi mudiknya. Gak apa-apa basah-basahan, yang penting pulang kampung," ujar Rizal, pemudik asal Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com