Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol, Ratusan Rumah Terendam

Kompas.com - 15/09/2010, 15:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan Bogor sejak kemarin hingga hari ini mengakibatkan Sungai Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2010), kembali meluap. Luapan air diperparah dengan jebolnya tanggul di Perumahan Ikatan Keluarga Besar Pegawai Negeri Bintaro atau IKPN Bintaro.

Tanggul dari susunan karung pasir sepanjang 21 meter tidak mampu menahan debit air yang tinggi. Akibatnya, 165 rumah di Perumahan IKPN terendam banjir. Ketinggian air saat ini berkisar 30 sentimeter hingga dua meter. Sebagian warga terpaksa mengungsi di tempat yang aman, seperti madrasah, sekolah, dan tempat tinggi lainnya.

Menurut Ketua RW 04 Kumala Siregar, tanggul jebol karena pemerintah tidak menggubris peringatan warga.

"Pertengahan Agustus kemarin tanggul jebol, masa sekarang tidak segera diperbaiki, malah diganti karung pasir," ujarnya.

Saat ini petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Pemadam Kebakaran ikut membantu mengevakuasi warga. Mereka juga membawa tiga perahu karet untuk memperlancar proses evakuasi.

Foto lengkap di: KOMPAS IMAGES

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com