Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pekan Lagi Jalan Diperbaiki

Kompas.com - 16/09/2010, 19:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam dua pekan mendatang, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum akan mulai memperbaiki Jalan RE Martadinata yang ambrol pada Kamis (15/9/2010) pagi. Untuk sementara, jalan yang tidak ambles akan diperkuat supaya tidak ambles.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak menyatakan, Kementerian PU melalui Direktorat Jenderal Bina Marga akan mempelajari secara detail mengenai kondisi kerusakan jalan tersebut. Selanjutnya akan ditentukan langkah alternatif yang akan diambil untuk perbaikan jalan.

Hermanto memperkirakan, jumlah biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan tersebut mencapai Rp 6 miliar. "Dananya bisa diambil dari sisa tender," katanya.

Terhadap dua jalur jalan yang masih utuh, Ditjen Bina Marga akan memasang tiang pancang (sheet pile) agar jalan tersebut tetap aman dilalui oleh kendaraan yang lalu lalang. Adapun perbaikan jalan yang rusak akan mulai dikerjakan pada dua pekan mendatang dan akan selesai sebelum akhir tahun.

"Ini kan kita harus teliti dulu kedalamannya berapa, teknologi yang akan digunakan apa. Nanti kan bisa pakai jembatan, bisa pakai pile slab," kata Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Muryanto.

Djoko menegaskan, amblesnya ruas Jalan RE Martadinata sepanjang 103 meter tersebut disebabkan oleh abrasi air yang menggerus konstruksi bawah jalan. "Kan jalan ini sudah 20 tahun lebih tidak ada masalah, jadi kita tidak terlalu pantau itu (konstruksi bagian bawah jalan)," ungkap Djoko.

Selama ini perbaikan terhadap dua jalur jalan yang menghubungkan kawasan Tanjung Priok dan pusat kota Jakarta itu sebatas pada pelapisan di bagian atas jalan. Pelapisan permukaan jalan ini baru selesai dua bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com