Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Jangan Dekati Jalan Ambrol!

Kompas.com - 18/09/2010, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga diminta untuk tidak mendekati lokasi ambrolnya sebagian Jalan RE Martadinata. Area di sekitar jalan rusak masih sangat berpotensi mengalami kerusakan serupa.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum, Jawali Marbun, menegaskan, kekuatan dua ruas jalan yang masih utuh di samping jalan yang ambrol tersebut masih belum stabil. Masih ada indikasi terjadinya ambrol susulan pada bagian jalan yang lain. "Warga jangan panik, tapi jangan mendekat!" kata Jawali Marbun ketika dihubungi Kompas.com via telepon, Sabtu (18/9/2010).

"Jangan sekali-sekali mendekat, apalagi di bagian dekat pantai. Itu masih ada indikasi ambles juga," tegasnya.

Imbauan tersebut sebetulnya sudah disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat meninjau lokasi, Jumat kemarin. Akan tetapi, warga seperti tidak memedulikan larangan tersebut.

Sejak pagi ini, puluhan warga masih mendekati bibir jalan yang ambrol. Mereka melewati pagar seng yang sudah dipasang beberapa meter dari kedua ujung jalan rusak. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pedagang makanan kecil untuk berjualan di lokasi tersebut. Beberapa pedagang juga nekat berjualan dengan menerobos garis polisi.

Untuk saat ini, masih tampak adanya pengeboran tanah di sejumlah titik di lokasi kejadian untuk meneliti kondisi tanah di bawah jalan. Tidak ada lagi petugas yang menggunakan Geophone untuk memeriksa kemungkinan adanya rongga di dalam tanah. Jawali mengatakan, mulai Senin (20/9/2010), pihaknya akan menggunakan alat georadar untuk memeriksa kondisi tanah secara lebih detail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com