Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Tahap I Dimulai Tahun Depan

Kompas.com - 24/09/2010, 13:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) tahap I sudah memasuki tahap penyelesaian draf akhir desain dasar. Pembangunan fisik jalur MRT tahap I ini diharapkan sudah bisa dimulai tahun depan.

Gubernur DKI Fauzi Bowo mengatakan, proyek pembangunan MRT tahap I yang menghubungkan Lebak Bulus dan Bundaran HI ini diharapkan selesai pada 2016. Adapun pembangunan MRT tahap II (Bundaran HI-Kampung Bandan) akan dimajukan mulai 2014 dan direncanakan selesai pada 2018.

Direktur Fungsi dan Perencanaan Korporasi PT MRT Jakarta Eddi Santosa mengatakan, proyek pembangunan MRT tahap I ini memakan biaya 144 miliar yen atau lebih dari Rp 15 triliun. Sebanyak 120 miliar yen (sekitar Rp 12,7 triliun) di antaranya diperoleh melalui pinjaman dari Jepang, sisanya akan dipenuhi secara patungan oleh pemerintah pusat dan DKI.

Dikatakan Eddi, pembuatan desain akhir pembangunan MRT ini harus mendapatkan persetujuan dari Gubernur DKI untuk selanjutnya dilakukan proses pelelangan proyek pengerjaan fisik bangunan.

"Tender ini akan makan waktu 1 tahun 3 bulan. Sampai saat ini sudah ada sejumlah kontraktor asal Jepang yang tertarik untuk melaksanakan pengerjaan fisik tersebut," kata Eddi.

Sebelum proyek ini berjalan, Pemerintah Provinsi DKI berencana membangun dua jalan layang yang diharapkan sudah selesai pada 2012. Kedua jalan layang ini meliputi jalan layang Dr Satrio atau Casablanca yang menghubungkan Kampung Melayu dan Tanah Abang, serta jalan layang penghubung Jalan Pangeran Antasari dan Blok M.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com