Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Permanen Pesanggrahan Siap Dibangun

Kompas.com - 25/09/2010, 11:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harapan warga Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, akan adanya tanggul permanen di bekas lokasi tanggul jebol di Kali Pesanggrahan akan segera terwujud. Setelah membebaskan tanah di sekitar tanggul jebol, Suku Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Selatan akan membangun tanggul permanen paling lambat pekan depan.

Yayat Hidayat selaku Pelaksana Harian Kepala Sudin PU Jakarta Selatan mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Jakarta Selatan sudah mendapat persetujuan pembebasan tanah dari pemilik tanah di RT 01 RW 12, Kelurahan Bintaro.

Tanah tersebut bersebelahan dengan tanggul yang jebol sepanjang 20 meter pada Agustus lalu. Tanpa pembebasan tanah tersebut, Sudin PU Jaksel hanya bisa membangun tanggul sementara berupa tumpukan karung pasir, yang kemudian jebol lagi pada pertengahan bulan ini.

Tanggul sementara itu selanjutnya diperkuat dengan bronjong, tetapi air dari Kali Pesanggrahan masih dapat merembes di sela-sela batu dan karung pasir tersebut sehingga menimbulkan genangan air di rumah warga sekitar.

"Segera setelah ada kesepakatan (dengan pemilik tanah), tanah akan dipatok sehingga tanggul bisa kami bangun. Mudah-mudahan bisa mulai minggu depan," kata Yayat.

Selain membangun tanggul permanen di bekas lokasi tanggul jebol, kata Yayat, pihaknya juga akan memperkuat tanggul di lokasi-lokasi lain di sepanjang Kali Pesanggrahan yang sudah mulai berlubang. Total panjang tanggul yang akan diperkuat ini mencapai 660 meter.

Yayat berharap pembebasan tanah di lokasi bekas tanggul jebol itu bisa diikuti oleh pembebasan tanah di sepanjang Kali Pesanggrahan. Ini dilakukan untuk mempermudah rencana Kementerian PU  dalam melaksanakan master plan normalisasi sungai tersebut, antara lain, dengan melebarkan badan sungai menjadi 40 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com