Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 30 Pelayan Investor Terbaik

Kompas.com - 04/11/2010, 14:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim penilai yang merupakan gabungan dari beberapa kementerian dan lembaga memutuskan ada 30 provinsi, kota, dan kabupaten yang digolongkan sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP bidang penanaman modal terbaik di Indonesia.

Mereka dinilai terbaik setelah melalui proses penilaian dan verifikasi oleh tim yang beranggotakan Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Keberadaan PTSP ini didasarkan atas Inpres Nomor 1 tahun 2010, lalu kami tindaklanjuti dengan kualifikasi dan menilai 130 provinsi, kota, dan kabupatan. Ini melibatkan banyak pemangku kepentingan di daerah. Memang sudah banyak daerah yang sudah dengan semangat melakukan layanan satu pintu, dalam konteks pendelegasian pelayanan. Namun, masih ada beberapa daerah yang masih berfungsi sebagai kantor pos. Di mana pendelegasian kewenangan belum terealisasi," ujar Kepala BKPM Gita Wirjawan di Jakarta, Kamis (4/11/2010) dalam acara Penganugerahan Penghargaan Atas Penyelenggaraan PTSP Bidang Penanaman Modal Provinsi/ Kabupaten/ Kota Terbaik Tahun 2101.

Daerah penyelenggara PTSP tersebut dibagi atas tidak kelompok, yakni kelompok kota, kabupaten, dan provinsi. Sepuluh daerah yang masuk dalam nominasi kota dengan penyelenggara PTSP terbaik adalah, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Bandung, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Palembang- Sumatera Selatan, Dinas Perizinan Denpasar, Badan Pelayanan Peizinan Terpadu dan Penanaman Modal Belitung, dan Dinas Perizinan Yogyakarta. Selain itu juga Kantor Pelayanan Perizinan Terpadi Cimahi-Jawa Barat, Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap BKPM Surabaya, Badan Pelayanan Peizinan Terpadu Pekalongan- Jateng, Badan Pelayanan Peizinan Terpadu Magelang-Jateng, dan Badan Pelayanan Peizinan Terpadu Tegal, Jateng.

Sepuluh daerah yang masuk dalam nominasi kabupaten dengan penyelenggara PTSP terbaik Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Pasuruan-Jatim, Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Banyumas-Jateng, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Sragen- Jateng, Badan Pelayanan Perizinan Teradu Sidoajo-Jatim BKPM Gresik- Jatim, serta BKPM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Purwakarta-Jawa Barat. Selain itu, BKPM Daerah Ngawi-Jatim, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Sukabumi-Jabar, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Karanganyar- Jateng Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Purbalingga-Jateng.

Adapun sepuluh daerah yang masuk dalam nominasi provinsi dengan penyelenggara PTSP terbaik adalah Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Aceh, BKPM Provinsi Jatim, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Jabar, BKPM Nusa Tenggara Barat, BKPMD Sumsel, serta BKPM dan Promosi DKI Jakarta. Selain itu, BKPMD Kepulauan Bangka Belitung, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Bali, BKPMD Maluku, dan BKPMD Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com