Waspada Rampok di Putaran Arah

Kompas.com - 28/11/2010, 23:00 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor diminta berhati-hati ketika hendak memutarkan arah, terutama di titik-titik putaran yang sepi. Polisi mengindikasikan para pelaku tindak kriminal berpura-pura sebagai pak ogah.

"Sebagian besar pelaku tindak kriminal beraksi di jalanan, terutama daerah yang sepi," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Jakarta Timur, Komisaris Dodi Rahmawan usai gelar hasil Operasi Pekat Jaya, di Mapolres Jaktim, Jalan Raya Matraman, Jakarta, Minggu (28/11/2010).

Dodi mencontohkan, saat pengendara motor akan berbalik arah, ada 2-4 orang yang biasanya menunggu di putaran. Kemudian, mereka berpura-pura bantu memutarkan arah. Mereka menodongkan senjata tajam dan meminta harta korban.

"Kejadian semacam ini biasa terjadi di titik putaran yang sepi, seperti di Tipar Cakung dan Jalan Ahmad Yani (bypass Jatinegara-Pulomas)," jelasnya.

Dalam dua pekan terakhir, kata Dodi, aparatnya berhasil menjaring 381 orang. 116 orang ditahan, sisanya dalam pembinaan. Di antara 116 yang terjaring itulah pelaku tindak kriminal yang selama ini meresahkan masyarakat. Mereka itu para penjambret, penjudi, penodong, pengamen dan sebagainya. Untuk itu, pengguna jalan diminta lebih berhati-hati, terutama pada malam hari.

"Masyarakat agar lebih waspada, dan jangan segan-segan melapor kepada petugas jika ada hal yang mencurigakan," pinta Kasat Reskrim.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X