Pengamanan Gereja Immanuel Tetap Ketat

Kompas.com - 25/12/2010, 10:04 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kekuatan pengamanan di Gereja Immanuel, Sabtu (25/12/2010), tidak berubah sama sekali, penjagaan tetap diperketat sama seperti kemarin.

"Seluruh unsur mulai dari personel dari Polrestro, Polsektro, TNI, hingga Forkabi dan Satpol PP akan tetap mengamankan ibadah Natal di Gereja Immanuel yang dijadwalkan berlangsung sebanyak empat kali pada hari ini," kata Kapospol Gambir, Ipda Sukarman, Sabtu, saat ditemui di Gereja Immanuel, Jakarta.

Dikatakan, pengamanan tidak berubah, masih sama dengan kemarin, seluruh unsur masih mengamankan jalannya ibadah Natal di Gereja Immanuel. Pasukan pengamanan akan tetap berada di Gereja Immanuel hingga ibadah Natal gelombang keempat selesai dilaksanakan.

"Akan terus kami amankan sampai ibadah yang terakhir selesai," ucapnya.

Hari ini ibadah Natal di Gereja Immanuel akan dilangsungkan sebanyak empat kali, yakni pukul 08.00, 10.00, 17.00, dan 18.30. Untuk mengawal Natal, personel pengamanan akan diturunkan sebanyak 123 personel.

Seluruh kekuatan pengamanan berasal dari Brimobda 28 orang, Ditintelkam 6 orang, TNI Koramil 4 orang. Dari unsur Polsektro Gambir terdiri dari Satintelkam 5 orang, Satreskrim 3 orang, Satnarkoba 4 orang, Satsabhara 30 orang, Satlantas 10 orang.

Dari unsur Polrestro Jakarta Pusat yang terdiri dari Unit patroli 4 orang, Unit serse 3 orang, Unit intelkam 2 orang, Babin 1 orang, dan Polpos 3 orang. Pengamanan di Gereja Immanuel juga dilakukan oleh instansi lain mulai dari satpam, satpol PP, Citra, dan Forkabi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ibadah Natal pertama dimulai agak molor sekitar 15 menit dari jadwal sebelumnya pukul 08.00. Sebanyak 100 jamaah memadati gereja berumur 172 tahun ini. Tidak tampak kepadatan parkir kendaraan sehingga tidak menimbulkan kemacetan di sekitar Gereja Immanuel.

"Dari kemarin nggak terlalu padat, jadi kemungkinan besar tidak akan ada penutupan lalu lintas di sekitar Immanuel," salah seorang petugas Sat Lantas di lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.