Bangun "Flyover" di Sepanjang Koridor X

Kompas.com - 06/01/2011, 21:11 WIB
EditorR Adhi KSP

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Sutarman mengusulkan untuk dibangun jembatan layang (flyover) guna mengantisipasi kemacetan di sepanjang jalur bus transjakarta Koridor X (Cililitan-Tanjung Priok). "Jauh lebih baik jika dibangun flyover atau jalan bawah tanah (underpass)," kata Sutarman di Jakarta, Kamis (6/1/2011).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menguji coba pengoperasian jalur bus transjakarta Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan Koridor X (Cililitan-Tanjung Priok), Jumat (31/1/2010). Namun, persoalan kemacetan lalu lintas muncul pasca-uji coba kendaraan tranportasi massal tersebut di sepanjang jalur Koridor IX dan X.

Kemacetan kendaraan terjadi akibat banyak putaran (U-turn) dan pertemuan bus transjakarta dengan kendaraan yang keluar dan masuk pintu Tol Dalam Kota di sekitar Jalan S Parman, Gatot Subroto, dan MT Haryono.

Pemprov DKI Jakarta melalui Gubernur Fauzi Bowo meminta adanya penutupan pintu Tol Dalam Kota di lokasi gerbang masuk Semanggi 1, Tebet, Mampang, Cawang, dan Slipi. Namun, Sutarman menyatakan, kebijakan penutupan gerbang tol merupakan kewenangan PT Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol.

Sutarman mengatakan, pihak kepolisian dan Pemprov DKI telah mengusulkan penutupan pintu tol, tetapi hal tersebut sulit direalisasikan karena akan mendapatkan reaksi penolakan dari masyarakat pengguna jalan tol.

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menganalisis, ada tiga potensi permasalahan teknis saat pengoperasian bus transjakarta Koridor IX dan X, yakni gerbang pintu masuk dan keluar tol, geometrik jalan yang perlu penyempurnaan, serta kepadatan akibat persimpangan dan aktivitas di median jalan.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X