Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan Warga Berhasil Dihentikan

Kompas.com - 09/01/2011, 21:03 WIB

Laporan Wartawan Sonora, Jumar Sudiyana

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah berlangsung lebih dari empat jam, bentrokan dua kelompok massa di Jalan P Tubagus Angke, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (9/1/2011), akhirnya berhasil dihentikan. Polisi berhasil menenangkan kedua kelompok massa itu untuk menghentikan provokasi.

Bentrokan terjadi sejak pukul 16.00 dan baru bisa diredam pada pukul 20.30, setelah polisi menurunkan pasukan dari Polda Metro Jaya. Untuk memukul mundur kedua kubu, polisi sempat melemparkan gas air mata di lokasi bentrokan.

Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Yazid Fanani turun langsung ke tempat kejadian (TKP) dan melakukan mediasi dengan pemimpin kedua kelompok massa yang terlibat bentrokan itu. Salah satu kelompok massa yang berasal dari warga sekitar wilayah tersebut berhasil diyakinkan untuk kembali masuk ke dalam rumah masing-masing.

Sementara itu, mediasi dengan pemimpin kelompok massa lainnya sempat berlangsung alot. Meski demikian, Kapolres Jakpus berhasil meyakinkan agar mereka kembali pulang meninggalkan lokasi tersebut.

Upaya negosiasi cukup berhasil meski dilakukan secara terpisah tanpa mempertemukan kedua belah pihak. Menurut Kombes Yazid Fanani, kedua pihak mengakui menghormati aparat keamanan dan bersedia menahan diri untuk tidak melanjutkan bentrokan.

Meski demikian, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi, polisi menurunkan pasukan Brimob yang menggunakan sepeda motor trail untuk berkeliling ke gang-gang. Menurut Kapolres Jakpus, polisi tidak ingin kecolongan dan bentrokan meluas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com