Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lasagna Cupcakes, Tren Baru di LA

Kompas.com - 06/02/2011, 00:39 WIB

KOMPAS.com - Belum bosan dengan cupcakes? Anda yang menggemari dessert ini sekarang bahkan tak hanya bisa menikmati cupcakes dengan rasa yang manis, tetapi juga gurih.

Di Los Angeles, penganan favorit yang beredar di pelaku bisnis hiburan saat ini adalah lasagna cupcakes. Sesuai namanya, cemilan ini berupa lasagna yang dibentuk dalam ukuran per porsi di dalam cup. Lasagna cupcakes merupakan hasil kreasi Heirloom-LA, perusahaan katering yang berbasis di Eagle Rock, kota kecil di dekat Silverlake. Matthew Poley, seorang partner di perusahaan ini, lantas berkisah mengenai awal mula cupcakes gurih ini.

Sekitar 18 bulan lalu, seorang pelanggan meminta macaroni and cheese untuk pesta anak-anak. Tetapi Poley berpikir, macaroni and cheese yang dibuat dalam ukuran besar tentu tidak menarik dilihat. "Jadi kami lalu membuat macaroni and cheese per potong, dan kami baru sadar kalau kami sebenarnya bisa melakukan hal ini dengan setiap jenis lasagna," tuturnya.

Masalahnya, cukup sulit membuat lasagna cupcakes. Selama lasagna-nya tidak terlalu panas sih, kita bisa menikmatinya dengan tangan. Tetapi, Poley bertekad mencobanya. Mungkin akan ada sedikit bagian yang tumpah, tapi pasti tidak banyak, pikirnya.

Poley bahkan membuat lasagna cupcakes dalam beberapa rasa yang berbeda. Selusin lasagna dibuat dengan citarasa yang standar, seperti macaroni and cheese, saus Bolognese, dan satu dengan saus iga. Semua rasa tergantung pada musimnya.

"Semua rasa tergantung permintaan pasar," seru pria yang sedang menyusun buku memasak berjudul Animals and Cupcakes ini. "Ketika panen jagung, kami membuat lasagna dengan jagung. Atau buncis. Kalau misalnya kami pulang dari jamuan makan sambil membawa sisa hidangan iga babi, kami membuat barbecue pork rib lasagna cupcakes. Dari situ kami dapat ide untuk membuat rasa beef stroganoff lasagna cupcakes."

Lasagna cupcakes buatan Heirloom-LA sangat diminati, termasuk oleh orang yang mengaku tak suka cupcakes, seperti Jenni Konner, penulis skrip televisi. Begitu pula Dana Fox, penulis skenario film What Happens in Vegas, yang menyajikan menu ini pada pesta pernikahannya. "Pengantin kan harusnya tidak boleh makan, tapi saya enggak tahan untuk nggak memakannya," ujar Fox. "Semuanya enak banget, sih. Kalau Anda mengira beet lasagna cupcake pasti rasanya aneh, hm... coba dulu. Enak, lho!"

Pada bulan Desember lalu saja, menurut Poley perusahaannya telah menjual sekitar 10.000 lasagna cupcakes. Saat ini, dapur kateringnya memiliki 15 pembuat lasagna cupcakes, yang menghasilkan 200-300 potong lasagna cupcakes setiap harinya. Tokonya juga menawarkan beberapa menu baru seperti tamale (hidangan Mexico) dan puding roti pizza. Poley bahkan siap mengirimkan sajian istimewanya dalam kemasan beku ke New York City.

Bagaimana dengan Anda yang berbisnis cupcakes, siap membuat cupcakes gurih dengan citarasa khas Indonesia mungkin?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com