Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Ajukan Prya Ramadhani Calon DKI 1

Kompas.com - 21/02/2011, 17:03 WIB
Sabrina Asril

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Partai-partai besar mulai menunjukkan calon-calonnya untuk maju dalam bursa pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Setelah Partai Demokrat yang tak lagi mengusung Fauzi Bowo, Partai Golkar juga sudah mengantongi nama calonnya yakni Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Prya Ramadhani.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Ashraf Ali, Senin (21/2/2011) dalam diskusi "Jakarta 2012, Pilih yang Ahli atau Berani?" di Jakarta Media Center, Jakarta. Pemilihan Prya Ramadhani sebagai calon dari Partai Golkar dikarenakan Prya mampu memenuhi lima kriteria yang seharusnya dipenuhi sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Pemimpin yang akan datang selain memiliki kemampuan dan keberanian, pertama harus komitmen untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Ini yang paling penting," ujar Ashraf.

Kedua, lanjutnya, seorang pemimpin harus dapat berkoordinasi dengan baik dengan sektor dan instansi terkait sehingga tidak terjadi polemik. Ketiga, seorang pemimpin harus mempunyai kepribadian yang baik, bersedia mendengar aspirasi masyarakat, turun ke bawah dan membantu yang lemah.

"Keempat punya kecerdasan karena masyarakat Jakarta sangat heterogen. Di samping itu memiliki keberanian dan tanggung jawab serta ketegasan," ucap Ashraf.

Dari kelima kriteria tersebut menurut Ashraf yang paling banyak ada pada Prya Ramadhani. Namun demikian, secara resmi Partai Golkar masih belum akan mengumumkan soal pencalonan Prya menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

"Sama seperti jangan adzan kalau belum waktunya. Pemilukada masih lama, sekarang belum saatnya. Apalagi masih ada pemerintah Foke yang masih berjalan," ujarnya.

Adapun pada pemilukada tahun 2007 lalu, Partai Golkar mendukung Fauzi Bowo bersama hampir seluruh partai yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com