Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satpol PP Akan Berikan Tempat Khusus Waria

Kompas.com - 22/02/2011, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keluhan Forum Komunikasi Waria Se-Indonesia terkait dengan perlakuan petugas satuan polisi pamong praja ditanggapi Ketua Satpol PP DKI Jakarta Effendi Anas. Anas berjanji akan menyediakan sebuah tempat khusus waria yang digunakan untuk berkreasi. Namun, Effendi memperingatkan bahwa tempat itu nantinya bukan tempat untuk prostitusi.

"Kami akan mencoba mencarikan. Namun ingat, itu tempat interaksi, bukan tempat prostitusi," ujar Effendi Anas, Selasa (22/2/2011), di ruang Satpol PP di Balaikota DKI.

Anas pun menjanjikan bahwa penertiban Satpol PP akan diupayakan untuk diperbaiki sehingga tidak lagi menyakiti dan melanggar hak para waria. "Kami akan memperbaiki penertiban yang tidak baik itu," katanya.

Anas pun menegaskan, agar tidak terjaring razia Satpol PP, waria juga harus memenuhi kewajibannya sebagai warga DKI yang baik, yakni dengan memiliki kartu tanda penduduk DKI.

"Memang sulit untuk dapat KTP, tetapi ini tetap harus dipenuhi. Selama mereka mengabaikan kepemilikan KTP, bukan tidak mungkin mereka akan tetap jadi sasaran penyaringan," ujar Anas.

Sebelumnya Forum Komunikasi Waria Se-Indonesia menyatakan keberatannya atas perlakuan Satpol PP yang kerap menggunakan kekerasan.

"Contohnya, pemukulan dipaksa pada saat razia. Paling utama di Taman Lawang, lalu dibawa ke Kedoya," ucap Yuli.

Selain itu, mereka juga meminta dipindahkan ke sebuah lokasi waria yang bisa dimanfaatkan untuk berkarya, tidak seperti saat ini yang selalu kucing-kucingan dengan Satpol PP. Keluhan mereka disampaikan kepada Effendi Anas hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com