Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Masih Ogah Bicara Pilkada

Kompas.com - 26/03/2011, 16:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam Muswil Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi DKI Jakarta hari ini, Sabtu (26/3/2011), di Twin Plaza Hotel, mengundang sejumlah tanya. Apakah benar PPP kembali mendukung Foke, sapaan akrabnya, untuk kembali menduduki DKI 1 dalam pilkada DKI Jakarta tahun 2012. 

Saat dikonfirmasikan kepada Foke, pria lulusan Jerman ini menampik tudingan adanya keterkaitan kehadiran dirinya dengan usaha pemenangan pilkada 2012. Menurutnya, kehadirannya di Muswil PPP kali ini merupakan tanggung jawabnya sebagai gubernur. "Bukan karena cari dukungan atau apa pun, tapi kehadiran saya di sini sebagai gubernur. Setiap ada muswil partai, apa pun partainya, gubernur selalu diundang hadir," ujar Foke, Sabtu (26/3/2011), di Twin Plaza Hotel, Jakarta.

Ia pun enggan berkomentar saat ditanyakan tentang pencalonan dirinya kembali menjadi gubernur di pilkada 2012. "Yang saya pikirkan hanya bekerja, belum kepikiran pilkada," kata Foke, sembari langsung menuju mobil Fortuner B 88 SLS miliknya. Pada pilkada 2007 Foke berduet dengan Prijanto menjadi pasangan yang tak terkalahkan dengan dukungan dari 20 partai politik.

Foke yang merupakan orang lama di pemerintah daerah dan wakil gubernur era Gubernur Sutiyoso menjabat mampu mengalahkan rivalnya, Adang Darajatun. Namun, roda seperti berputar. Hingga kini belum ada satu partai atau komunitas yang resmi mencalonkan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini melanjutkan jabatannya.

Golkar sudah memastikan diri akan mengusung kadernya sendiri antara Azis Syamsuddin, Prya Ramadhani, dan Tantowi Yahya. Demikian pula dengan PDI-P yang kini mulai menggaungkan nama Wakil Bupati Tangerang Rano Karno. Di kubu Partai Demokrat pun Foke harus berjuang keras meraih dukungan melawan Nachrowi Ramli yang didukung penuh oleh DPD Partai Demokrat DKI Jakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com