Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Klaim Berhasil Majukan Transportasi

Kompas.com - 06/04/2011, 07:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Selasa (5/4/2011), menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2010 di hadapan para anggota Dewan. Di dalam laporan setebal 24 halaman tersebut, Fauzi Bowo mengklaim dirinya berhasil memajukan transportasi di Ibu Kota. Beberapa di antaranya adalah pembangunan Terminal Pulo Gebang.

Hingga kini, perkembangan proyek Terminal Pulo Gebang sudah menyelesaikan tahap pelelangan. Konstruksinya baru dapat dilaksanakan pada tahun 2011.

"Pemprov juga telah melakukan peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan penyeberangan dari dan ke Kepulauan Seribu di Pelabuhan Muara Angke," ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, Selasa (5/4/2011), di Balaikota, Jakarta.

Selain sudah melakukan peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan penyeberangan dari dan ke Pulau Seribu, Foke juga menyebutkan pemprov selama tahun 2010 telah membangun breakwater sepanjang 650 meter, pengerukan kolam pelabuhan sebesar 163 meter kubik, dan pembangunan dermaga sepanjang 182,5 meter.

Dua koridor baru transjakarta juga sudah dibuka sejak Desember 2010, yakni Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan Koridor X (Cililitan-Tanjung Priok), sehingga total koridor yang beroperasi mencapai 10.

Untuk mendukung hal tersebut dilakukan penambahan 94 bus, terdiri dari 25 bus gandeng dan 69 bus single, sehingga total armada transjakarta yang beroperasi di 10 koridor mencapai 524 bus.

Disamping itu, dilakukan pula sterilisasi jalur, pembangunan portal, penyempurnaan marka, serta peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan fasilitas pendukung transjakarta. Upaya ini telah meningkatkan penumpang transjakarta dari 83,2 juta orang pada tahun 2009 menjadi 86,9 juta orang pada tahun 2010.

Kemudian dalam upaya mempersiapkan pembangunan MRT, pada tahun 2010 telah diselesaikan penyusunan basic engineering design oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Juga telah dilakukan pula persiapan tender internasional untuk asistensi teknikal yang dilaksanakan PT MRT Jakarta dan management consulting services yang dilaksanakan Pemprov DKI.

"Diharapkan kedua kegiatan konsultasi untuk menunjang pelaksanaan fisik MRT tersebut dapat dilaksanakan pada tahun 2011, sehingga pelaksanaan konstruksi dapat dilaksanakan dan jadwal operasi MRT pada tahun 2016 dapat ditepati," ucapnya.

Di samping program-program di bidang transportasi yang telah dijalaninya itu, Foke mengaku kesulitan daam membebaskan tanah. Pasalnya, dalam membangun infrastruktur Jakarta, pemprov seringkali terkendala pembebasan tanah dengan status hukum yang tidak jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com