Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Lahirkan Bayi di Penjara

Kompas.com - 13/04/2011, 08:56 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com - Seorang narapidana di rumah tahanan Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Ni Wayan Suartini (35) melahirkan bayi laki-laki, Selasa (12/4/2011) kemarin.

Warga Pedukuhan Karongan, Kedungsari, Kecamatan Pengasih ini telah ditahan di rutan semenjak 29 September silam dalam kasus penggelapan. Oleh majelis hakim, dia divonis 1 tahun 8 bulan pada awal Maret lalu.

"Ketika ditahan dia memang sudah hamil tiga bulan," jelas Kasubsi pelayan Tahanan Rutan Wates Joko Sulistyo.

Semenjak melahirkan, bayi ini diasuh oleh sang ibu di dalam rutan. Kebetulan di rutan Wates ada dua ruangan tahanan perempuan yang hanya dihuni tiga orang. Atas permintaan sang ibu dia minta ditemani salah seorang narapidana yang lain.

Menurutnya, untuk menjaga kesehatan bayi, pihak rutan berkoordinasi dengan Puskesmas Wates. Bahkan koordinasi ini sudah dilakukan sejak ibunya hamil. "Rutan berharap, bayi ini bisa dirawat oleh keluarganya. Kasihan kalau sampai dia berada di dalam rutan," tuturnya.

Hanya saja semenjak ibunya ditahan ayahnya belum pernah menjenguk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com