Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Minta Cerai, Nekat Panjat Menara

Kompas.com - 24/04/2011, 04:17 WIB

Banyak cara untuk mempertahankan mahligai pernikahan. Namun, cara yang ditempuh Faizan (36) tergolong unik, bahkan nekat. Dia memanjat menara Base Transceiver Station salah satu operator telepon seluler setinggi 40 meter di Kelurahan Rejo Sari III, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Senin (18/4).

Faizan lalu berteriak mengancam akan bunuh diri jika istrinya, Ayu (28), tidak kembali pulang dan tetap minta diceraikan. Kontan saja aksi Faizan itu menarik perhatian ratusan warga. Mereka berbondong-bondong memenuhi kebun singkong di bawah menara tersebut.

”Pukul 05.30, seusai adzan subuh, saya dapat laporan ada warga manjat menara. Faizan sudah di atas sambil memanggil-manggil nama istrinya,” kata Kepala Lingkungan III Kelurahan Siti Rejo III Budi Rahmansyah di lokasi kejadian.

Pagi itu, Ayu tidak berada di rumah. Sudah dua pekan dia meninggalkan Faizan dan tinggal di rumah ibu angkatnya, Anun, sekitar 500 meter dari rumah Faizan. Setelah mengetahui suaminya hendak bunuh diri, Ayu mendatangi menara itu dan meminta suaminya turun. Namun, Faizan tidak bersedia lantaran menganggap Ayu masih minta cerai.

Ayu adalah istri keempat Faizan. Adapun ketiga istri Faizan lainnya sudah dia ceraikan. Ayu sendiri tak tahan lagi hidup bersama ayah tiga anak itu lantaran dia ringan tangan. ”Berkali-kali dia dipukuli. Uang tidak dikasih, tetapi rajin memukul istri. Siapa yang betah?” kata Anun yang menunggui Ayu yang berkali-kali pingsan lantaran suaminya tak juga turun dan menjadi tontonan ratusan warga.

Budi kemudian membujuk Faizan dengan naik tower. Di atas terjadi semacam tawar-menawar. Faizan yang sehari-hari bekerja serabutan sebagai tukang bangunan dan penjaga keamanan itu bersedia turun asal tidak dibawa ke kantor polisi. Dia juga meminta agar Ayu kembali pulang. Budi menyanggupinya.

Pukul 11.30, Faizan bersedia turun disambut tepuk tangan warga. Drama percobaan bunuh diri itu pun berakhir.

Meskipun menjadi tontonan warga, paling tidak aksi Faizan itu mampu menyelamatkan mahligai rumah tangganya lantaran Ayu bersedia untuk tidak minta cerai. Tapi, kalau Faizan memukul Ayu lagi, Ayu tetap minta cerai. (MHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com