Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama KTT ASEAN, Arus Lalin Dialihkan

Kompas.com - 04/05/2011, 02:39 WIB

Jakarta, Kompas - Polda Metro Jaya akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas dan penutupan ruas jalan di sekitar Senayan. Hal itu dilakukan berkaitan dengan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Ke-18 ASEAN di Jakarta Convention Center pada Sabtu-Minggu, 7-8 Mei 2011.

Berkaitan dengan rangkaian acara tersebut, menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memberlakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas bagi para pengguna jalan di sekitar Jalan Sudirman, MH Thamrin, dan Senayan. Penutupan itu hanya diberlakukan saat rombongan kepala negara dan delegasi peserta KTT ASEAN melintas dari lokasi akomodasi ke Jakarta Convention Center (JCC).

Selain itu juga diinformasikan, pemberlakuan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada minggu (8/5) ditiadakan. Aktivitas lalu lintas di sepanjang kawasan HBKB berlaku normal.

Acara KTT Ke-18 ASEAN dijadwalkan dipusatkan di JCC, Senayan. Delegasi peserta KTT ASEAN diperkirakan akan tiba di Jakarta mulai Kamis (5/5). Mereka akan tinggal di beberapa hotel di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Pengalihan arus

Sabtu pukul 08.00, rombongan delegasi direncanakan menuju JCC. Sebelum rombongan melintas, jalur menuju kawasan Senayan ditutup dan arus lalu lintas akan dialihkan.

Pengalihan arus ke Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin dari arah Bundaran HI mulai dari Persimpangan Harmoni. Arus kendaraan dialihkan menuju Jalan IR Juanda, Lapangan Banteng, Pejambon, Medan Merdeka Timur, Tugu Tani, Cut Meutia, Kuningan.

Adapun arus kendaraan dari Senayan dialihkan menuju Jalan Asia Afrika, Permata Hijau atau Pejompongan, Tanah Abang. Sementara arus kendaraan dari selatan (Blok M) melewati Bundaran Senayan, Mas Mansyur, Sukarjo Wiryopranoto, Kuningan. Di setiap titik tersebut akan dijaga polisi.

Setelah semua delegasi berada di JCC, arus lalu lintas kembali normal. Saat kepulangan delegasi dari JCC ke hotel akan dilakukan pengaturan lalu lintas sesuai prosedur rombongan VIP. Pengaturan sesuai prosedur VIP diberlakukan pada Minggu.

Sementara itu, untuk pengawalan delegasi dan pengamanan rute, Kepala Subbagian Perencanaan Administrasi dan Operasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Jumarno menyatakan, Ditlantas Polda Metro Jaya mengerahkan lebih dari 840 polisi lalu lintas.

Secara terpisah, jajaran Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta turut mengamankan pelaksanaan KTT Ke-18 ASEAN. Untuk pengamanan KTT itu, Kodam Jaya bekerja sama dengan Polda Metro Jaya. Demikian dikatakan Kepala Penerangan Kodam Jaya/Jayakarta Letnan Kolonel Inf Adrian Ponto yang dihubungi kemarin. (COK/RTS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com