Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kantong Darah Terinfeksi HIV

Kompas.com - 21/06/2011, 22:54 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Selama enam bulan sejak Januari 2011, Palang Merah Indonesia Kota Medan, Sumatera Utara, menemukan sedikitnya delapan kantong darah dari pendonor sukarela yang terinfeksi virus HIV.

"Meski jumlahnya tidak banyak, temuan itu jelas menjadi perhatian yang cukup serius bagi kami," kata Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan Delyuzar, di Medan, Selasa (21/6/2011).

Namun, lanjut Delyuzar, temuan itu belum dapat dipastikan benar-benar positif karena standar untuk menyatakan positif HIV harus dikonfirmasi dengan tiga regensia yang berbeda.

"Hasil yang kami temui positif, tapi belum tentu positif ketika diperiksa menggunakan regensia. Artinya, reaktif ada sekitar delapan orang pendonor yang ketika diperiksa darahnya terinfeksi HIV. Kami katakan reaktif karena belum konfirmasi dan harus tetap berjaga-jaga," katanya.

Selain itu, ungkap Delyuzar, pihaknya juga mengingatkan kepada pendonor jika memiliki perilaku yang berisiko terkena virus berbahaya tersebut agar melakukan konseling ke VCT. Pihaknya lebih memprioritaskan darah yang berisiko rendah.

Sumber: ANTARA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com