Festival Malioboro Dibuka

Kompas.com - 25/06/2011, 13:39 WIB
EditorAsep Candra

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut liburan panjang, Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meng gelar Festival Malioboro 2011. Kegiatan yang menyajikan berbagai macam kesenian ini digelar di depan Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta.

Secara resmi Festival Malioboro 2011 dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Tazbir, Sabtu (25/6/2011), yang dilanjutkan dengan pentas kesenian tari angguk dan reog. Festival Malioboro akan berlangsung hingga Minggu (26/6/2011). Selain mementaskan berbagai macam kesenian tradisional, juga digelar bazar. Panggung pentas seni digelar di Monumen Serangan Umum 1 Maret dan di halaman Kantor Dinas Pariwisata DIY di Jalan Malioboro.

Ketua panitia penyelenggara Heri Lancono mengatakan Festival Malioboro merupakan event rutin, dan kali merupakan yang ketiga kalinya. Festival ini adalah ajang untuk menyatukan kreasi dari berbagai elemen dan komunitas, baik pekerja seni maupun masyarakat.

"Diharapkan terjadi perpaduan lintas seni maupun lintas komunitas, seperti komunitas PKL dan lainnya. Sehingga dapat memberikan hiburan bagi wisatawan dan dapat meningkatkan kunjungan pariwisata di Yogyakarta," ujarnya.

Tazbir mengatakan, Festival Malioboro adalah kegiatan rutin setiap tahun yang melibatkan semua komponen di malioboro. "Kegiatan ini melibatkan semua pihak yang peduli dan ingin mengangkat Malioboro sebagai rumah bersama. Ruh yang ada pada diri berbagai komunitas akan menyatu dalam satu ruh yang ada pada Malioboro," tuturnya.

Ia menambahkan, festival ini akan menampilkan potensi dari berbagai daerah dengan tema 'Gema Istimewa untuk Indonesia'. Diharapkan, dengan adanya festival ini wisatawan akan semakin senang datang ke Yogyakarta.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X