Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda dari Jepang Ada di Batang

Kompas.com - 18/07/2011, 17:42 WIB

KOMPAS.com - Sepeda-sepeda merajai jalanan Pekalongan. Masyarakat setempat begitu gemar bertransportasi dengan sepeda. Layaklah Pekalongan disebut sebagai kota sepeda. Mulai dari sepeda onthel sampai sepeda Jepang.

Kegemaran sepeda ini pun tak hanya dominasi Pekalongan saja. Bahkan sampai ke Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jika Anda melewati jalur pantura untuk mudik, Anda bisa bertemu Triroso. Ia berdagang sepeda jepang persis di pinggir jalan Jalan Raya Tegalsari. Jalan raya nan sibuk yang biasa dilalui oleh pemudik jalur pantura.

Disebut sepeda Jepang karena memang sepeda-sepeda yang dijual Triroso berasal dari Jepang. Sepeda Jepang begitu tenar di Pekalongan dan daerah lainnya di sekitar Pekalongan. Sepeda Jepang ini diburu para penggendara sepeda. Menurut Triroso, sepeda Jepang ringan. Walau begitu, sepeda Jepang kuat dan tahan lama.

"Makanya banyak orang yang suka, pada berburu sepeda Jepang. Ini sebenarnya sepeda bekas. Lalu dikirim ke Indonesia dan dipermak," ungkapnya.

Harga sepeda yang ia jual di atas Rp 800.000. Ia mengaku penghasilannya tidak tentu per harinya. Namun terkadang setiap bulannya ia sukses menjual puluhan sepeda.

"Kalau pas musim mudik, yah ada aja yang mampir dan beli," katanya.

Anda penasaran dengan sepeda dari Jepang itu. Mampir saja ke tempat Triroso berjualan. Ada papan kayu bertuliskan "Jual Sepeda Japan" sebagai pertanda Triroso biasa mangkal. Saat Kompas.com bertandang ke tempat Triroso, dengan baik hati ia memperbolehkan Kompas.com untuk mencoba sepeda Jepang yang ia jual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com