Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengedar Lintas Provinsi Dibekuk di Bekasi

Kompas.com - 19/07/2011, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepolisian Sektor Metro Cibitung meringkus tujuh pengedar narkotika jenis ganja yang dijual lintas provinsi mulai dari Bekasi, Jakarta, hingga beberapa wilayah di Jawa. Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 3 kilogram ganja kering siap edar. Kepala Polsektro Cibitung, Ajun Komisaris Zulham Effendi, mengatakan, pelaku dibekuk di dua tempat berbeda.

"Penangkapan berawal dari diringkusnya dua pelaku, yaitu Yudistira Permana dan Heriyanto, di wilayah Wanasari, Cibitung," ujar Zulham, Selasa (19/7/2011).

Setelah itu dikembangkan, akhirnya berhasil dibekuk pelaku lainnya di daerah Kembangan, Jakarta Barat, pada Jumat lalu. Ketujuh pelaku yang berhasil diamankan adalah Yudistira Permana, Heriyanto, Asep, Suratno, Sarifudin, Makmun, dan Cepot.

"Mereka ditangkap tanpa melakukan perlawanan. Kami kerahkan petugas di dua wilayah tersebut," ujarnya.

Dari tangan pelaku berhasil diamankan 3 kg daun ganja kering. Dari pengakuan tersangka, kawanan ini sudah menjalani bisnis daun ganja selama satu tahun dengan target operasi Jakarta dan Bekasi.

"Mereka bilang sudah operasi satu tahun untuk Jakarta dan Bekasi," ucap Zulham.

Kini ketujuh pelaku masih menjalani penyidikan di Polsektro Cibitung, Kabupaten Bekasi. Para pelaku dijerat Pasal 111 Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Bandar besar pemasok ganja

Selain penangkapan pengedar narkoba di kawasan Cibitung, Bekasi, dan Kembangan, Jakarta Barat, polisi juga berhasil menangkap seorang bandar narkoba besar di Jalan Khairil Anwar, Bekasi Selatan, yakni Kasim (28), pada Kamis lalu.

Dari pelaku, polisi mengamankan narkotika jenis ganja kering siap edar seberat 221 kg. Ganja itu ditemukan di dalam rumahnya di Kampung Pulo Gebang RT 03 RW 02, Karawang, Jawa Barat.

Kini tersangka dan barang bukti ditahan di Polresta Bekasi Kota. Petugas masih melakukan pengembangan untuk mengungkap bandar yang lebih besar yang memasok ganja tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com